Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan jenis primer yang terjadi pada tumbuhan? Primer yang teradi pada tumbuhan bisa diartikan terbentuknya bunga pada tumbuhan, dimulai dari alat kelamin betina atau putik yang mengandung sel telur (ovarium) lalu dibuahi oleh alat kelamin jantan atau benang sari yang mengandung sel sperma dan akhirnya membentuk lembaga atau zigot.

Sel induk lembaga atau zigot ini mengalami proses perkembangan yang ditandai dengan adanya periode perlambatan per- tumbuhan atau tidak ada sama sekali per- tumbuhan, sehingga bentuk zigot tidak mengalami perubahan atau tidak mengalami pertambahan ukuran panjang.

Proses perkembangan zigot dimulai dari sel induk yang membelah secara meiosis menghasilkan empat sel haploid, artinya satu sel besar dan tiga sel kecil yang melebur/melarut ke dalam sel besar. Selanjutnya sel haploid itu menyusun atau mengumpulkan energi dari zat-zat makanan untuk melakukan pembelahan berikutnya secara mitosis.

Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan
Pembelahan mitosis sebenarnya adalah awal dimulainya proses per-tumbuhan embrionik yang ditandai dengan adanya periode percepatan per- tumbuhan akibat terjadinya pembelahan sel bertahap secara cepat dan terus menerus menghasilkan dua sel, empat sel, delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya, sehingga terjadi penambahan/pemanjangan ukuran selnya.

Selanjutnya membentuk kumpulan/kelompok yang tumbuh menjadi embrio atau jaringan meristem atau jaringan embrional, kemudian jaringan meristem ini tumbuh dan berkembang menjadi embrio yang tersimpan dan terlindungi di dalam biji, kemudian tumbuh menjadi kecambah hingga mencapai dewasa. Pertumbuhan pada embrio atau jaringan meristem dari hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer ini disebut dengan per- tumbuhan bentuk primer. Pertumbuhan bentuk primer ini terjadi pada embrio, pada ujung akar, dan ujung batang.


Komentar