Membacakan Teks Berita

Masih ingatkah kamu pada pelajaran yang lalu? Kamu telah belajar membacakan teks berita bukan? Untuk mengingatkanmu, sekarang mari kita pelajari lagi tentang teknik membacakan berita yang baik. Tentu kamu masih ingat hal-hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu sikap, intonasi, lafal, artikulasi, dan suara dalam membawakan berita.

Untuk memudahkan teknik membacamu, berilah tanda-tanda cara membaca dalam teks berita yang akan kamu bacakan. Tanda-tanda tersebut antara lain sebagai berikut.







Nah, sebagai latihan bacakan teks berita berikut ini!
1. Berilah tanda-tanda cara pembacaannya!
2. Bacakan seolah kamu sebagai pembaca berita di radio atau televisi.
3. Teman-teman yang lain memberi penilaian.

Daya Tarik Kolibri Jantan

Tak ada rotan, akar pun jadi. Pepatah tersebut benar-benar berguna bagi burung kolibri jantan untuk menarik minat burungburung betina untuk diajak kawin.

Burung kolibri.
Burung kolibri.
Burung kolibri bukan burung pengicau karena tak memiliki syrinx atau organ serupa pita suara yang menghasilkan suara merdu. Tapi, burung kolibri jantan ternyata mampu mengeluarkan siulan nyaring untuk merayu calon pasangannya.

Apakah dari kepakan sayapnya yang sangat tinggi itu? Para ornitolog (pakar burung) masih memperdebatkan hal tersebut, sebagian masih beranggapan memang beberapa spesies bisa mengeluarkan suara dari tenggorokannya dan sebagian memprediksi dari bulu-bulu ekornya.

Penasaran dengan hal tersebut, Christopher Clark dan Teresa Feo dari Museum Zoologi Vertebrata, Universitas California, Berkeley, AS mempelajari spesies burung kolibri anna (calypte anna). Mereka menggunakan kamera video kecepatan tinggi dan mikrofon untuk mengamati burung asli pantai timur AS itu.

Sebanyak 10 burung jantan ditangkap lalu dari masing-masing tubuhnya dicabut lima buah bulu yang mewakili setiap tipe dan fungsinya. Bulu-bulu tersebut dipasang di dalam lorong angin dan diukur apakah dapat menghasilkan siulan.

Kesimpulannya, siulan memang datang dari bulu-bulu terluar di ekornya. Dengan bentuk yang khas dan berukuran hanya 4 milimeter, udara di sekitarnya akan membentuk pusaran yang menghasilkan suara saat burung melakukan manuver.

Clark dan Feo memprediksi, siulan dari ekor ini merupakan bentuk adaptasi. Karena organ syrinx tak berkembang dengan baik, burung kolibri memanfaatkan ekornya untuk menghasilkan sinyal rayuan. Temuan tersebut dilaporkan dalam Proceedings of the Royal Society.

Sumber: sctv.news, Minggu, 3 Februari 2008 | 18:55 WIB