Penerapan prinsip prinsip ekonomi di bidang pertanian termasuk pemasaran produk-produk pertanian dimaksudkan untuk tujuan-tujuan tertentu yang berkaitan dengan beberapa aspek, aspek tersebut antara lain:
- Prinsip penentuan harga: menggambarkan faktor-faktor dimana mempengaruhi tingkat harga serta menunjukkan bagaimana perbedaan aspek harga dapat terjadi antar waktu, antar tempat & dimensi lainnya.
- Penjelasan peran sistem pemasaran: untuk mengetahui penerapan aspek tempat penjualan & saluran pemasaran bagi produk-produk pertanian (hasil tanaman pertanian juga ternak).
- Pengujian permasalahan juga kelemahan dalam organisasi & cara pemasaran serta menunjukkan cara-cara untuk memperbaikinya.
- Prinsip perubahan ekonomi produksi pertanian & manajemen usaha tani: menunjukkan penerapan bagaimana tanah, tenaga kerja, modal dan risiko dapat dikombinasikan pada berbagai proporsi. Juga menunjukkan penerapan bagaimana petani memilih kombinasi produk yang memberikan keuntungan terbesar (Abbot dan Makeham, 1979).
Pada postingan plengdut.com berikutnya akan dijelaskan mengenai beberapa pendekatan prinsip yang biasa digunakan untuk penerapan memecahkan permasalahan ekonomi di bidang pertanian serta organisasi dan penerapan peranan pertanian dalam pembangunan ekonomi.
Komentar
Posting Komentar
Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.blogspot.com ini. Berkomentarlah secara bijak.