Proses Pengolahan Teh

Setiap hari kamu menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pengolahan / pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!
Pernahkah kamu minum teh? Di manakah teh ditanam? Pekerjaan apa saja yang ada di kebun teh?
Pernahkah kamu minum teh? Di manakah teh ditanam? Pekerjaan apa saja yang ada di kebun teh?



Tea Si Daun Teh

Aku Tea si pucuk daun teh. Aku tinggal di dataran tinggi yang berudara sejuk dan dingin. Aku bersama teman-temanku terhampar di perbukitan dan di lembah pegunungan. Bagaikan permadani hijau di kaki langit.

Saat aku menjadi tunas baru dan masih berada di pucuk pohon, para pekerja pemetik teh memetikku dan membawaku menuju lokasi industri pengolahan tidak jauh dari tempat asalku.
Saat aku menjadi tunas baru dan masih berada di pucuk pohon, para pekerja pemetik teh memetikku dan membawaku menuju lokasi industri pengolahan tidak jauh dari tempat asalku. 

Banyak orang dengan jenis pekerjaan yang berbeda mengurusku di sana. Pengolahan pertama, aku diletakkan dalam sebuah ruangan besar hingga layu. Kemudian aku dimasukkan ke dalam mesin penggilingan hingga halus. Setelah itu aku berada di dalam alat yang selalu berputar untuk memisahkan batang dan kotoran. Akhirnya aku dikeringkan, kemudian dikemas di dalam kertas kasa atau pengolahan kemasan sederhana yang dinamakan teh tubruk.

Selain pabrik pengolahan di atas, ada juga pengolahan lain yang mengemas aku menjadi teh botol atau teh kotak.


Pengolahan Teh

Dari cerita "Tea si daun teh" tersebut, bisa kita rangkum pengolahan teh mulai dari perkebunan teh hingga menjadi teh kemasan. 

Secara singkat proses pengolahan ini meliputi:

  1. Pemetikan teh dari perkebunan,
  2. Setelah dipetik, teh dilayukan terlebih dahulu,
  3. Teh layu kemudian dimasukkan dalam mesin penggiling teh,
  4. Proses selanjutnya setelah teh digiling, teh akan disortir untuk memisahkan batang teh dan kotoran lainnya pada teh dengan menggunakan mesin putar (proses mesin sortir),
  5. Teh sortir kemudian akan dikeringkan,
  6. Saat sudah kering, selanjutnya dilakukan proses pengemasan teh menjadi kemasan teh sachet atau bisa diolah mesin lagi menjadi kemasan minuman teh botol maupun teh kotak.

Perkebunan teh umumnya berada di dataran tinggi, hal ini dikarenakan suhu sejuk perbukitan sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman teh. Sedangkan pekerja pada kebun teh bisa dikelompokkan menjadi 2 golongan pekerja yaitu kelompok pekerja pemetik teh dan kelompok pengolah teh.

Komentar