Apa Yang Dimaksud Dengan Wawasan Nusantara Juga Fungsinya?

Pengertian

Wawasan nusantara adalah cara pandang & sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan geografi lingkungannya dengan mengutamakan rasa persatuan & kesatuan demi mencapai tujuan Nasional yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Jika ditinjau dari apa makna masing-masing kata;

Pengertian wawasan adalah pengetahuan mendalam, pemahaman, konsep gagasan, konsepsi, presepsi, apa tanggapan, penglihatan, daya paham menanggapi sesuatu atau pengertian yang dalam. Sedangkan pengertian nusantara terdiri dari kata nusa berarti kepulauan dan antara berarti terluar sehingga pengertian nusantara diartikan sebagai gambaran cakupan seluruh kepulauan Indonesia.
Pengertian wawasan adalah pengetahuan mendalam, pemahaman, konsep gagasan, konsepsi, presepsi, apa tanggapan, penglihatan, daya paham menanggapi sesuatu atau pengertian yang dalam. Sedangkan pengertian nusantara terdiri dari kata nusa berarti kepulauan dan antara berarti terluar sehingga pengertian nusantara diartikan sebagai gambaran cakupan seluruh kepulauan Indonesia.


Fungsi Wawasan Nusantara:

  1. fungsi konsepsi ketahanan nasional nusantara, adalah mempunyai pengertian dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan nusantara, serta kewilayahan.
  2. sebagai fungsi wawasan pembangunan adalah mempunyai pengertian cakupan kesatua politik, kesatuan ekonomi nusantara, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik nusantara, serta pengertian kesatuan pertahanan & keamanan.
  3. fungsi sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara adalah merupakan pengertian pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah & segenap kekuatan negara.
  4. fungsi wawasan kewilayahan, adalah berfungsi dalam pengertian pembatasan negara agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.