Sebutkan Beberapa Pengertian Pembangunan?

Istilah pembangunan sering kita dengar ataupun kita baca di berbagai media. Umumnya kata pembangunan lebih dikaitkan dengan kinerja pemerintah dalam suatu negara, baik itu pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.

Lalu apakah pengertian arti pembangunan itu sendiri? Berikut ini Plengdut sebutkan beberapa arti atau pengertian dari pembangunan.

Beberapa Pengertian Pembangunan

No
Tokoh
Pengertian
1
Siagian [1983]
Pembangunan adalah sebagai suatu perubahan, mewujudkan suatu kondisi kehidupan bernegara serta bermasyarakat yang lebih baik dari kondisi sekarang, sedangkan pengertian pembangunan sebagai suatu pertumbuhan menunjukkan kemampuan suatu kelompok untuk terus berkembang, baik secara kualitatif maupun kuantitatif & merupakan sesuatu yang mutlak harus terjadi dalam pembangunan. (Source: Buku Administrasi Pembangunan)
2
Portes [1976]
Pembangunan (development) adalah transformasi ekonomi, sosial & budaya. Pengertian pembangunan nasional adalah proses perubahan yang direncanakan untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat ke arah yang diinginkan, melalui beberapa kebijakan, strategi & beberapa rencana. Perubahan atau transformasi dalam struktur ekonomi, misalnya, dapat dilihat dari adanya peningkatan atau pertumbuhan produksi yang cepat di sektor industri & jasa, sehingga kontribusinya terhadap pendapatan nasional adalah semakin besar. Sebaliknya, kontribusi sektor pertanian adalah akan menjadi semakin kecil & berbanding terbalik dengan pertumbuhan industrialisasi & modernisasi ekonomi, ciri struktur ekonomi negara industri yang sudah berada pada level "high mass consumption" adalah tingginya kontribusi sektor jasa terhadap pendapatan nasional (GNP/PDB)
3
Todaro
Pembangunan adalah kapasitas ekonomi nasional dimana kondisi ekonominya terdahulu lebih banyak statis dalam beberapa waktu lamanya, kemudian mengangkat / menghasilkan & menunjang beberapa peningkatan tiap tahun produk nasional kotornya (PNK-nya). (sumber: Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga)
4
Siagian
Pembangunan > adalah rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa.
5
La Peire
Pembangunan adalah usaha secara sistematis direncanakan dan dilakukan untuk mengubah situasi dan kondisi masyarakat ke taraf lebih sempurna.
6
Gouled
Perubahan sosial dan modernisasi adalah bentuk khusus pembangunan. Sedangkan industrialisasi adalah salah satu segi dari pembangunan.
7
Alexander [1994]
Pembangunan adalah proses perubahan mencakup seluruh sistem sosial, seperti pembangunan politik, ekonomi, infrastruktur, pembangunan pertahanan, pembangunan pendidikan & teknologi, kelembagaan, serta budaya.
8
Tikson [2005]
Pembangunan nasional adalah transformasi sosial, ekonomi & budaya secara sengaja melalui kebijakan & strategi menuju arah yang diinginkan. Dengan demikian proses pembangunan terjadi di semua aspek kehidupan masyarakat, budaya, ekonomi, sosial, poitik dimana berlangsung pada level pembangunan makro (nasional) juga pembangunan mikro (communiti atau group).
9
Ginanjar Kartasasmita [1994]
Pembangunan - adalah proses perubahan ke arah lebih baik melalui upaya terencana.

  • Pembangunan adalah perubahan kearah kondisi lebih baik melalui upaya terencana. 
  • Pembangunan adalah pembaharuan dimana merupakan suatu bentuk perubahan ke arah yang dikehendaki tetapi lebih terkait nilai-nilai atau sistem nilai.
Merujuk pengertian pengertian diatas, maka bisa disimpulkan bahwa pengertian perencanaan pembangunan adalah suatu proses penyusunan tahap-tahapan dimana melibatkan berbagai unsur didalamnya guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber-sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam lingkungan, wilayah maupun daerah dalam kurun waktu tertentu.
Merujuk pengertian pengertian diatas, maka bisa disimpulkan bahwa pengertian perencanaan pembangunan adalah suatu proses penyusunan tahap-tahapan dimana melibatkan berbagai unsur didalamnya guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber-sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam lingkungan, wilayah maupun daerah dalam kurun waktu tertentu.

Beberapa makna penting pembangunan adalah adanya kemajuan, perbaikan, progress, pertumbuhan maupun diversifikasi.