Sublimasi & Kristalisasi: Metode Pemisahan Campuran

Apa Itu Sublimasi?

Sublimasi adalah peristiwa, proses, atau terjadinya perubahan wujud zat padat menjadi gas (dikenal dengan peristiwa "menyublim" / "sublim"). Sublimasi terjadi jika zat padat menerima kenaikan suhu tertentu dimana menyebabkan partikel zat padat menyublim menjadi gas. Iodium, amonium klorida dan kapur barus adalah contoh zat yang mampu mengalami sublimasi.

Apa Itu Kristalisasi?

Kristalisasi adalah proses perubahan partikel uap menjadi kristal dimana umumnya terjadi pada uap sublimasi yang mengalami pendinginan (perubahan suhu mendadak). Kristalisasi disebut juga sebagai peristiwa kebalikan dari sublimasi dimana uap berubah menjadi padat dalam bentuk kristal partikel.

Kristalisasi juga dapat terbentuk jika suatu larutan telah melebihi titik jenuh. Titik jenuh larutan adalah titik dimana partikel dalam suatu larutan sudah tidak mampu melarut sehingga terbentuklah larutan jenuh. Keadaan maksimum partikel terlarut dalam larutan tersebut akan menyebabkan terbentuknya kristal (kristalisasi) semakin cepat. Contoh kristalisasi ini bisa dilihat dalam metode proses pengolahan air laut menjadi garam, dimana air laut akan dipanaskan di bawah sinar matahari untuk mengurangi air terlarut sehingga menyebabkan terjadinya metode kristalisasi garam.

Metode Pemisahan Campuran Cara sublimasi dan Kristalisasi

Bagaimana memisahkan campuran zat yang mengandung zat-zat dengan kemampuan menyublim?

Untuk pemisahan partikel zat mudah menyublim harus memenuhi satu syarat yaitu adanya perbedaan titik didih yang besar saat proses sublimasi dan kristalisasi. Hal ini dimaksudkan adalah agar hasil uap akan memiliki kemurnian partikel tinggi.

Contoh pada metode pemisahan campuran iodium dan garam:

Hasil pemisahan campuran adalah menjadi kristal iodium di es dan kristal garam di gelas beker.
Hasil pemisahan campuran adalah menjadi kristal iodium di es dan kristal garam di gelas beker.
  1. Campuran dipanaskan dalam gelas beker dengan metode suhu kecil.
  2. Cawan berisi es batu di letakkan diatas gelas beker.
  3. Iodium akan menyublim dan terjadi kristalisasi karena adanya perubahan suhu es saat menguap.
  4. Sementara larutan garam mengalami kristalisasi dalam gelas beker.