Pertumbuhan Sekunder pada Tumbuhan

Setelah mengalami pertumbuhan primer, tumbuhan akan mengalami pertumbuhan bentuk sekunder. Pertumbuhan bentuk sekunder hanya terjadi pada tanaman atau tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Agar lebih jelas dengan pertumbuhan bentuk sekunder, lakukan Kegiatan Pengamatan berikut:
1. Carilah batang pohon jati yang sudah digergaji.
2. Amati batang tersebut secara melintang, lihat bagian-bagian yang ada pada batang tersebut!
3. Mengapa terdapat lingkaran-lingkaran pada batang itu?
Contoh pertumbuhan bentuk sekunder
Pada tanaman atau tumbuhan dikotil, selain terdapat jaringan meristem primer juga terdapat jaringan meristem sekunder. Pertumbuhan bentuk sekunder terjadi pada jaringan meristem sekunder berupa kambium gabus atau gabus. Fungsi kambium gabus adalah sebagai perlindungan pada pertumbuhan bentuk sekunder yaitu pertumbuhan organ tumbuhan menjadi bertambah besar ukurannya. Contoh tumbuhan yang melakukan per- tumbuhan sekunder adalah per- tumbuhan pohon jati yang banyak terdapat di daerah Blora, Cepu, Jawa Tengah.

Penampang batang pohon, Pertumbuhan sekunder tumbuhan
Penampang batang pohon, Pertumbuhan bentuk sekunder yang terjadi di batang tumbuhan

Proses pertumbuhan bentuk sekunder kambium
Pada awal pertumbuhan bentuk sekunder, kambium hanya terdapat pada jaringan ikat pembuluh (vasis) yang disebut kambium intravaskuler atau kambium vasis, kambium ini dapat tumbuh dengan arah yang berlawanan, yaitu yang tumbuh ke arah luar akan menjadi xilem dan yang tumbuh kearah dalam akan membentuk floem. Selanjutnya pada pertumbuhan sel jaringan parenkim yang berada di antara kambium intravaskuler akan tumbuh dan berubah menjadi kambium baru yang disebut kambium intervaskuler.

Lingkaran Tahun pada Penampang Batang, Pertumbuhan sekunder tumbuhan
Lingkaran Tahun pada Penampang Batang, Pertumbuhan bentuk sekunder pada tumbuhan
Di dalam pertumbuhan perkembangannya, kambium intervaskuler akan tersambung dengan kambium intravaskuler yang membentuk suatu lingkaran konsentris, bentuk lingkaran konsentris pada tanaman atau tumbuhan dikotil sering disebut dengan lingkaran tahun. Contoh batang tumbuhan dikotil yang mempunyai lingkaran tahun adalah pohon jati.

Lingkaran tahun pertumbuhan bentuk sekunder
Bagaimanakah proses terjadinya lingkaran tahun pada tanaman atau tumbuhan dikotil seperti pohon jati? Lingkaran tahun pada pohon jati terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan bentuk sekunder (kambium gabus) yang berlangsung/berjalan tidak sepanjang tahun. Pertumbuhan bentuk sekunder berlangsung hanya pada musim penghujan karena pada musim penghujan kebutuhan air dan unsur hara cukup banyak tersedia untuk pertumbuhan tanaman tersebut, dengan proses pertumbuhan seperti ini akan terbentuk suatu lingkaran yang disebut lingkaran tahun.

Pada umumnya tumbuhan dikotil seperti pohon jati memiliki kulit batang pecah-pecah atau rusak. Mengapa kulit batang tumbuhan dikotil seperti pohon jati tampak pecah-pecah atau rusak?

Kulit batang jati mengalami pecah-pecah, karena adanya aktivitas kambium yang membentuk jaringan xilem dan floem lebih cepat dari pertumbuhan kulit sekunder, sehingga akan mengakibatkan jaringan kulit paling luar seperti epidermis dan korteks menjadi rusak atau pecah-pecah. Untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit terluar pada per- tumbuhan sekunder lebih lanjut, maka jaringan yang berada di sebelah dalam kulit membentuk jaringan pelindung dari kerusakan berupa kambium gabus atau felogen. Felogen membentuk jaringan yang tumbuh ke arah dalam disebut feloderm yang sel-selnya hidup sedangkan jaringan yang tumbuh ke arah luar disebut felem yang sel-selnya mati.

Sebenarnya apakah fungsi dari felogen itu? Felogen berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan sel-sel jaringan bagian dalam yang berada di bawah kulit akibat per- tumbuhan sekunder. Kerusakan dapat terjadi karena banyaknya ruang terbuka yang menyebabkan air dan oksigen keluar masuk secara bebas.

Lapisan felogen tidak semuanya tertutup rapat, tetapi ada beberapa tempat sel kambium gabus di epidermis kulit yang membentuk suatu lubang/celah menyerupai lensa yang disebut dengan lentisel. Bentuk lentisel pada kulit batang terlihat tampak seperti pada Gambar per- tumbuhan sekunder lentisel dibawah ini.

Gambar Lentisel pada potongan melintang batang, Per- tumbuhan sekunder dari tumbuhan

Komentar