Mengenal Teknologi Oscillating Water Column

Oscillating Water Column (OWC) adalah teknologi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga gelombang laut sebagai penggerak turbinnya. Untuk lebih mengenal teknologi Oscillating Water Column (OWC) ini dan bagaimana cara kerjanya, dapat dilihat pada sketsa gambar berikut:

Sketsa gambar OWC tampak depan
Sketsa gambar OWC tampak depan

Sketsa gambar OWC tampak samping
Prinsip kerja alat OWC ini adalah mengubah energi gelombang laut menjadi energi listrik berdasarkan prinsip kerja kolom isolasi. Perhatikan gambar sketsa OWC tampak samping di atas. Gelombang yang datang dari arah laut akan menabrak bangunan OWC ini dimana pada bagian bawah bangunan ini terdapat kolom tebuka untuk masuknya air laut, karena tumbukan gelombang air laut ini kemudian air laut yg terdapat pada bagian dalam chamber OWC akan berisolasi naik dan turun sehingga menimbulkan peristiwa sedot dan hisap pada kolom udara di atasnya (prinsip kerja pompa). Gerakan air yang naik turun serta menimbulkan peristiwa sedot hisap pada kolom udara diatasnya inilah yang akan menggerakan turbin (perlu diperhatikan bahwa turbin yang digunakan adalah turbin searah, dimana pada saat terjadi tekanan udara naik turun/sedot hisap, turbin akan tetap memutar searah untuk menghasilkan energi listrik).

Selain OWC model chamber seperti pada gambar di atas, ada juga OWC model limpet. Pada prinsipnya memiliki cara kerja yang sama, hanya perbedaanya pada peletakan turbin yang mengarah horizontal.

Sketsa OWC model limpet
Sketsa OWC model limpet
OWC model limpet di Island of Islay, Scotland.
OWC model limpet di Island of Islay, Scotland.
Sedangkan potensial gelombang untuk membuat OWC ini harus merupakan daerah yang memiliki potensial gelombang cukup tinggi. Perhatikan gambar pemetaan gelombang untuk beberapa daerah pesisir berikut:

Daerah Potensial Gelombang untuk OWC
Daerah Potensial Gelombang untuk OWC
Jika kita perhatikan pada peta potensial gelombang tersebut, Indonesia memiliki potensial yang cukup besar terutama di daerah selatan pulau Jawa. Lalu, bagaimana pengembangan OWC di Indonesia sendiri?

Indonesia sendiri pernah melakukan penelitian dan pengembangan prototype OWC ini oleh BPPT-BPDP di daerah Pantai Parang Racuk, Baron, Gunung Kidul. Tetapi entah mengapa penelitian ini dihentikan beberapa tahun lalu padahal admin blog ini sempat berharap agar penelitian yang masih pada tahap pengembangan prototype tersebut bisa dilanjutkan untuk diaplikasikan dalam skala real. Berikut gambar beberapa foto prototype OWC yang dikembangkan oleh BPPT-BPDP Yogyakarta.

Prototype OWC tipe chamber BPPT-BPDP

Prototype ke-2 OWC tipe limpet BPPT-BPDP

Komentar