Secchi Disk

Secchi disk adalah instrument alat sederhana yang digunakan untuk mengukur transparansi air di lautan dan danau. Secchidisk ini berupa lempengan berbentuk cakaram yang di beri warna pada permukaan cakram (biasanya menggunakan 2 warna, hitam dan putih, dengan bentuk arsiran 4 bagian pada cakram). Cara kerja; biasanyanya disk ini dipasang pada tiang atau tali, dan diturunkan perlahan-lahan ke dalam air. Kedalaman di mana pola pada disk tidak lagi terlihat diambil sebagai ukuran transparansi air. Langkah ini dikenal sebagai kedalaman Secchi dan berhubungan dengan kekeruhan air.

Secchi disk pertama kali dibuat oleh Fr. Pietro Angelo Secchi, seorang ahli astrofisika, yang diminta untuk mengukur transparansi di Laut Mediterania oleh Komandan Cialdi, kepala Angkatan Laut Kepausan. Fr. Pietro Angelo Secchi sendiri merupakan penasihat ilmiah untuk Paus. Pada saat melakukan pengukuran, Secchi menggunakan sebuah disk putih untuk mengukur kejernihan air di Mediterania pada bulan April l865. Berbagai ukuran disk telah digunakan sejak saat itu, tetapi disk yang paling sering digunakan adalah secchidisk yang dimodifikasi oleh George C. Whipple yang terbuat dari logam, memiliki ukuran diameter 8 inchi dan diberi warna hitam dan putih berbentuk kuadran (4 arsiran) pada permukaan disk tersebut.

Ilustrasi macam-macam ukuran Secchidisk


Secchi disk ini kemudian digunakan untuk mengukur seberapa jauh seseorang dapat melihat ke dalam air (visibilitas). Dengan cara diturunkan ke dalam air laut/danau dengan menggunakan tali atau tongkat yang terpasang pada secchi disk hingga lempengan secchi disk hilang dari pengamatan mata. Disk kemudian dinaikkan sampai muncul kembali. Pembacaan secchi disk ini dilakukan pada kedalaman air di mana disk hilang dan muncul kembali. Tingkat kedalaman dibaca dengan cara mengukur tali/tongkat secchidisk mulai dari permukaan air laut/danau pada saat lempengan tidak terlihat hingga nampak kembali.

Meskipun pada saat ini sudah banyak instrument alat ukur visibilitas air yang sangat canggih seperti refraktometer atau alat-alat lain yang menggunakan sensor, tetapi secchidisk masih tetap sering digunakan pada saat melakukan penelitian mengenai visibilitas air pada suatu daerah. Secchidisk merupakan alat pengukuran kejernihan air dan yang diukur adalah evaluasi perkiraan transparansi air tetapi masih sering digunakan pada saat ini karena kesederhanaanya dalam pengukuran serta mudah untuk dibuat sendiri.
Contoh penggunaan secchidisk
Contoh penggunaan secchidisk

Fungsi Dari Pembacaan Secchidisk

Perubahan angka terbesar pada pengukuran dengan secchidisk dapat dilihat jika kita melakukan pengukuran secara bertahap perminggu, perbulan atau permusim pada suatu lokasi penelitan seperti danau atau air laut. Adapun beberapa faktor yang diamati seperti visibilitas, waktu hari pembacaan  saat pengambilan data (biasanya dilakukan pada saat siang hari antara jam 10 hingga jam 2), reflektansi dari disk, warna air, partikel tanah liat atau bahan lain yang terlarut dalam air, dll.

Beberapa faktor yang menyebakan transparasi pengukuran secchidisk semakin dalam yaitu;
  1. Masukan nutrisi dari DAS yang berkurang.
  2. Peningkatan merumput dari ganggang oleh zooplankton.
  3. Erosi tanah ke dalam danau/air laut yang berkurang.
  4. Suksesi ganggang musiman.
Sedangkan faktor yang menyebabkan pengukuran secchidisk semakin dangkal transparasinya adalah sebagai berikut:
  1. Peningkatan kelimpahan ganggang mengambang bebas.
  2. Erosi garis pantai atau erosi dari pengembangan situs dekat danau.
  3. Resirkulasi sedimen bawah dari aktivitas perahu motor.
  4. Perubahan warna air dari limpasan lahan basah dan / atau dekomposisi tanaman.
  5. Peningkatan kekeruhan.
  6. Populasi zooplankton yang berkurang.

  
contoh rata-rata pengukuran bulanan secchidisk pada lake erie western basin
 Dengan mengamati gambar diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa pengukuran visibilitas air dengan menggunakan secchidisk sangat dibutuhkan terutama untuk menentukan kondisi suatu perairan apakah sudah masuk kategory tercemar atau tidak.


Reference  

Common Aquatic Plants Of Michigan

Cialdi, M. and Secchi, P. A. (1865). “Sur la Transparence de la Mer.” Comptes Rendu de l'Acadamie des Sciences. 61: 100-104

Whipple, George C. (1899). The Microscopy of Drinking-Water. New York: John Wiley & Sons, 73-5.

Lind, Owen, T. (1979). Handbook of Common Methods in Limnology St. Louis:C.V. Mosby Co.   

Komentar