Penerapan Akor pada Instrumen Keyboard

Instrumen Keyboard
Instrumen Keyboard
Pertimbangan dimasukannya Keyboard dalam kurikulum dikarenakan pertimbangan fenomena kesenian yang hidup di masyarakat atau telah dikenal luas di masyarakat, serta karena sifat kepraktisan dalam pembelajaran yang tidak membutuhkan waktu yang bertahun-tahun. Program keahlian keyboard adalah kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja pada bidang musik.

Kompetensi Keterampilan Keyboard
Kompetensi Keterampilan Keyboard

Alat Musik Elektronik
Alat musik electrophone adalah alat musik yang ragam bunyi atau penguat bunyinya disebabkan adanya daya listrik.

Keyboard dalam kaitannya dengan penampilan panggung pertunjukan musik pop tentulah membutuhkan kekhususan. Alat musik ini dirancang untuk sajian musik bagi jangkauan jumlah besar penonton di lapangan terbuka atau dalam ruangan luas. Alat-alat elektronik kini menjadi jawaban atas kepentingankepentingan tersebut, alat musik inipun diciptakan memiliki produksi suara, instrumen macam-macam, praktis, yakni memainkan alat ini pemain dapat menciptakan permainan bersifat band ataupun orchestra kecil.

Sebelum kita memainkan keyboard kita terlebih dahulu mengenal tombol-tombol keyboard, keterangan di bawah ini adalah khusus untuk keyboard merk Yamaha, pengoperasian setiap keyboard berbeda tergantung dari jenis produk dan jenis serinya.

Mempelajari Tombol-tombol Keyboard
1. Tombol Voice terbagi menjadi 3 yaitu :
Tombol voice pada keybord
Tombol voice pada keybord
A. Main voice (right 1) : Tombol yang memfungsikan kerjanya suara satu pada keyboard (pilihan suaranya sangat banyak, tergantung dari kategori instrumen yang kita pilih).
Main voice (right 1)
Main voice (right 1)
B. Layer voice (right 2) : Tombol yang memfungsikan kerjanya suara dua pada keyboard, jadi dengan itu kita bisa tekan tuts keyboard bersamaan disatu tempat dengan suara instrumen beda (dobel) sehingga layer voice menjadi suara kedua dari main voice (sama halnya dengan main voice, pilihan suaranya sama banyaknya dan bisa diatur sesuai kemauan kita menurut instrumen yang kita pilih).

C. Left voice : Tombol yang memfungsikan kerjanya suara keyboard pada bagian kiri dengan batas range tertentu dan pilihan kategori suara instrumen tertentu yang dibatasi split point (sama halnya dengan main voice dan layer voice pilihan suaranya sama banyaknya juga bisa diatur sesuai kemauan kita menurut instrumen yang kita pilih).


2. Style (Irama)  
Permainan rhythm (iringan) sekaligus background (accompaniment/latar) musik yang terdiri dari beragam jenis musik, dan bisa juga dibilang musik pengiring yang digunakan saat kita memainkan melodi dengan tangan kanan, dan akor berikut rhythm dengan tangan kiri. Di dalam style ini sendiri terdapat channel-channel yang berisi permainan drum rhythm.
Style control
Style control
 Bagian-bagian Style :
- Accompaniment : tombol untuk mengaktifkan background musik yang sesuai dengan style pilihan kita.
- Break : variasi permainan drum rhythm untuk style yang pada tiap masanya sama.
- Intro : musik pada awal lagu sebelum masuk melodi lagu.
- Main : pilihan variasi musik untuk style agar permainan semakin lengkap dan penuh.
- Ending : musik pada akhir lagu dan menjadi tanda berakhirnya lagu setelah melodi lagu.
- Auto fill in : variasi rhythm yang fungsinya sama seperti break dan akan aktif pada saat menekan main.
- OTS Link : tombol yang secara otomatis mengubah voice disaat memainkan main pada one touch setting.
- Sync stop : tombol yang menghentikan musik sesaat setelah kita mengangkat akor yang dimainkan.
- Sync start : tombol yang mengaktifkan style saat akor dimatikan.
- Start + stop : tombol yang menyebabkan style akan aktif langsung untuk memulai.

Tombol-tombol pada style control keyboard
Tombol-tombol pada style control keyboard


 3. Memilih Style dan User :
Tempat yang dipakai untuk menyimpan data hasil modifikasi atau buatan kita sendiri. User terdiri dari : User style dan User song.
style dan user pada keyboard
style dan user pada keyboard
 4. One Touch Setting
Tombol yang jika kita tekan maka beberapa pilihan setting suara yang sesuai dengan style yang kita pilih akan tersedia secara otomatis.
One Touch Setting pada Keyboard
One Touch Setting pada Keyboard
 5. Music Finder
Music finder : tombol yang berfungsi untuk setting otomatis sebuah lagu yang ingin kita mainkan, jadi bukan hanya setting suara, tapi juga setting style, tempo, efek dan sebagainya (kita bisa menyimpan 400 setting dan bisa kita pilih sendiri sesuai lagu yang akan dimainkan).

Music Finder pada Keyboard
Music Finder pada Keyboard
6. Registration Memory
Tempat penyimpanan setting yang aman, terdiri dari 8 tempat memory yang ditulis dalam urutan angka.
Registration Memory pada Keyboard
Registration Memory pada Keyboard
7. Transpose
Tombol yang berfungsi sebagai pengubah nada dasar, jika ingin memainkan ½ nada kita tekan + satu kali, jika ingin menurunkan ½ nada kita tekan – satu kali.
Tombol Transpose pada Keyboard
Tombol Transpose pada Keyboard
8. Song
Lagu jadi yang sudah dibuat, sehingga kita hanya menekan tombol Play, dan dengarkan menurut pilihan lagu yang kita pilih. Lagu yang dimaksud disini adalah midifile. Midifile tersebut bisa diperoleh dari Sample Song di dalam keyboard, download file dari internet, atau hasil rekaman permainan sendiri, teman atau guru anda, yang disimpan dalam smart card atau floppy disk.
Tombol Song pada Keyboard
Tombol Song pada Keyboard
9. Multipad
Multi Pad bisa digunakan untuk memainkan sebuah permainan pendek yang berupa rhythm atau rangkaian melodi, yang dapat menambah variasi permainan kita. Multi Pad dikelompokkan dalam grup-grup atau “BANK” dimana tiap-tiap BANK berisi 4 tipe permainan.

Multipad control pada keyboard
Multipad control pada keyboard
10. Metronome
Metronome yang terdapat di keyboard akan memberi panduan menghitung birama saat belajar musik. Panduan tersebut berupa suara klik yang berbunyi seiring ketukan birama dan tempo yang sudah anda tentukan.

Tombol Metronome pada Keyboard
Tombol Metronome pada Keyboard
11. Score
Anda bisa melihat notasi dari lagu yang telah anda pilih dengan menggunakan fungsi Score, dengan melihat notasi lagu midifile yang telah anda pilih, anda berlatih atau memainkan lagu tersebut tanpa memerlukan buku atau cetakan lagu tersebut.

Komentar