Garis-Garis Sejajar

Kita telah belajar tentang bagaimana sudut dan sifatsifatnya serta cara menggambarnya. Seperti kalian ketahui, sudut dibentuk oleh dua buah garis yang saling berpotongan pada salah satu ujungnya. Sekarang, kita akan mempelajari kedudukan dua garis pada bidang datar.

Kedudukan Dua Garis

Jika kita membuat dua garis maka ada empat kemungkinan kedudukan kedua garis tersebut, yaitu sejajar, berpotongan, berimpit, atau bersilangan.

a. Sejajar

Perhatikanlah garis a dan b pada Gambar dibawah ini. Jika kita misalkan kedua garis itu lintasan kereta api maka garis a dan b tidak akan pernah bertemu karena jarak mereka satu sama lain sama. Kedudukan garis a dan b seperti itu disebut dua garis yang saling sejajar. Dengan kata lain, garis a dan b dikatakan sejajar jika kedua garis terletak pada satu bidang datar dan tidak mempunyai titik persekutuan (titik perpotongan) serta jaraknya selalu tetap.

Garis a dan b sejajar pada bidang H
Garis a dan b sejajar pada bidang H

b. Berpotongan

Perhatikan garis a dan b pada Gambar dibawah ini. Garis a dan b berpotongan di M. Kedudukan garis a dan b seperti itu disebut dua garis yang saling berpotongan. Dengan kata lain, garis a dan b dikatakan berpotongan jika kedua garis tersebut memiliki satu titik persekutuan yang disebut titik potong.

Garis a dan b berpotongan di titik M pada bidang H
Garis a dan b berpotongan di titik M pada bidang H

c. Berimpit

Perhatikan garis a dan b pada Gambar dibawah ini. Garis a dan b saling berimpit. Dengan kata lain, garis a dan b dikatakan berimpit jika setiap titik pada garis a juga terletak pada garis b dan sebaliknya.

Garis a dan b berimpit
Garis a dan b berimpit

d. Bersilangan

Perhatikan garis k dan l pada Gambar dibawah ini. Garis k terletak pada bidang EFGH dan garis l terletak pada bidang BCGF. Jika kedua garis diperpanjang tidak akan berpotongan. Kedudukan garis k dan l itu disebut dua garis yang saling bersilangan. Jadi, garis k dan l dikatakan bersilangan jika kedua garis tidak memiliki titik persekutuan, tidak sejajar, dan tidak terletak pada bidang yang sama.

Garis tak berpotongan
Garis tak berpotongan