Segitiga Istimewa

Pada bagian sebelumnya kalian telah mempelajari bahwa segitiga dapat dibagi menjadi segitiga sama kaki, segitiga sama sisi dan segitiga sembarang. Karena kekhususan yang dimiliki oleh segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi yang tidak dimiliki oleh segitiga-segitiga lainnya maka segitiga tersebut dinamakan segitiga istimewa.

a. Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki termasuk segitiga istimewa karena mempunyai sepasang sisi yang sama panjang. Ada beberapa sifat segitiga sama kaki yang akan kita pelajari.

Segitiga sama kaki ABC dengan CD sebagai garis sumbu simetri
Segitiga sama kaki ABC dengan CD sebagai
garis sumbu simetri


Coba kalian perhatikan Gambar diatas. Pada gambar tersebut ΔABC merupakan segitiga sama kaki dengan garis CD merupakan sumbu simetrinya. Coba kalian buat segitiga seperti pada Gambar. Lipat segitiga yang kalian buat pada garis CD. Apa yang terjadi dengan titik sudut A dan B? Dan apa pula yang terjadi dengan sisi AC dan AB?

Ya, kalian benar. titik sudut A berimpitan dengan titik sudut B sehingga dapat kita ambil kesimpulan ∠A = ∠B. Garis AC akan berimpit dengan garis BC, sehingga dapat juga kita ambil kesimpulan panjang sisi AC = panjang sisi BC. Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

  • Pada segitiga sama kaki terdapat dua sisi yang sama panjang dan dua sudut yang sama besar.

  • Segitiga sama kaki dapat menempati bingkainya dengan dua cara dan mempunyai satu sumbu simetri.

Cara Melukis Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki dapat dilukis dengan mudah jika diketahui panjang sisi-sisinya. Misalkan ΔABC sisi-sisinya adalah AB = 2 cm, BC = 3 cm, dan AC = 3 cm. Jelas di sini bahwa ΔABC adalah sama kaki karena AC = BC. Alas segitiga adalah AB.
Untuk melukis ΔABC dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Lukislah garis AB dengan panjang 2 cm (lihat Gambar dibawah ini).
  2. Ukurlah dengan jangka sepanjang 3 cm.
  3. Buatlah busur dari A dan B. Kedua busur harus berpotongan di C.
  4. Hubungkanlah A dengan C dan B dengan C.
Segitiga sama kaki ABC dengan CD sebagai garis sumbu simetri
Segitiga sama kaki ABC dengan CD sebagai
garis sumbu simetri

b. Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi termasuk segitiga istimewa. Sebuah segitiga dinamakan segitiga sama sisi karena mempunyai tiga sisi yang sama panjang. Ada beberapa sifat segitiga sama sisi yang akan kita pelajari.

Segitiga sama kaki ABC dengan CD sebagai garis sumbu simetri
Segitiga sama kaki ABC dengan CD sebagai garis sumbu simetri
Pada Gambar diatas, Δ ABC adalah segitiga sama sisi. Gambar tersebut menunjukkan tiga sumbu simetri, yaitu CD, BE, dan AF. Jika kita melipat segitiga pada sumbu-sumbu simetrinya maka sisi-sisi dan sudut-sudutnya akan saling menutupi. Oleh karena itu, dapat dikatakan AB = BC = AC dan ∠A = ∠B = ∠C (Pada segitiga sama sisi ketiga sisinya sama panjang dan ketiga sudutnya sama besar).

Cara Melukis Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi mempunyai keistimewaan yaitu ketiga sisinya sama panjang dan ketiga sudutnya sama besar. Untuk melukis segitiga sama sisi dengan mudah perlu diketahui panjang sisi-sisinya. Perhatikan Gambar berikut ini.

Segitiga ABC
Segitiga ABC


Langkah-langkah untuk melukis segitiga sama sisi adalah sebagai berikut.
  1. Gambarlah garis AB.
  2. Dari titik A buatlah busur sama panjang garis AB.
  3. Dari titik B buatlah busur sama panjang garis AB.
  4. Kedua busur tersebut berpotongan di titik C.
  5. Hubungkanlah titik A dengan titik C dan titik B dengan titik C, maka akan terbentuk segitiga sama kaki ABC.