Globe

a. Pengertian Globe

Kata globe berasal dari bahasa Latin yaitu globus yang artinya ‘bulatan’ atau ‘bola’. Jadi, globe adalah suatu tiruan dari planet bumi dengan ukuran diperkecil yang memberikan gambaran bentuk bumi sebenarnya. Globe memiliki ukuran skala yang lebih tepat di seluruh bidang dibandingkan dengan peta bidang datar. Pada globe dapat terdapat Kutub Utara yang ditunjukkan oleh bagian ujung atas globe dan Kutub Selatan yang ditunjukkan oleh ujung bawah globe. Selain itu, globe dilengkapi dengan garis-garis lintang dan garis-garis bujur yang dapat digunakan untuk mencari informasi geografi.

Globe adalah tiruan planet bumi yang memberikan gambaran bentuk bumi sebenarnya. (Sumber: Jendela Iptek)
Globe adalah tiruan planet bumi yang
memberikan gambaran bentuk bumi sebenarnya. (Sumber: Jendela Iptek)

b. Kedudukan Globe

Kedudukan globe tidak tegak lurus terhadap bidang horizontal melainkan miring sebesar 66 ½° dari bidang horizontal atau miring sebesar 23 ½° terhadap bidang vertikal. Kedudukan ini sesuai dengan kemiringan sumbu bumi yang miring 66 ½° terhadap bidang ekliptika di jagat raya. Bidang ekliptika atau bidang orbit adalah bidang lingkaran tempat peredaran semu tahunan matahari. Bumi setiap detik berputar pada porosnya dengan arah barat-timur berlawanan dengan arah jarum jam, yang disebut dengan rotasi bumi. Setiap satu kali putaran ditempuh dalam waktu 24 jam. Sambil berotasi, bumi juga melakukan perputaran atau beredar mengelilingi matahari bersama-sama dengan planet lain pada bidang lintasannya, yang disebut revolusi bumi. Waktu satu kali putaran bumi mengelilingi matahari lamanya 365 ¼ hari.

c. Penggunaan Globe

Seperti halnya peta dan atlas, globe juga memiliki banyak kegunaan antara lain
1) Menunjukkan bentuk bumi dan gambaran muka bumi sebenarnya yang dinyatakan dalam gradasi warna.
2) Menunjukkan sistem garis lintang dan garis bujur.

a) Garis Lintang

Garis Lintang adalah garis khayal yang melintang permukaan bumi secara horizontal. Garis lintang 0° disebut garis khatulistiwa atau garis ekuator, yaitu garis yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan, panjangnya mencapai 40.075 km. Garis lintang yang berada di belahan bumi utara disebut garis lintang utara besarnya dari 0° - 90° LU, semakin ke Utara panjangnya semakin kecil bahkan pada 90° LU hanya berupa titik yaitu titik Kutub Utara. Garis lintang yang berada di belahan bumi selatan disebut garis lintang selatan besarnya dari 0° - 90° LS, semakin ke selatan panjangnya semakin kecil bahkan pada 90° LS hanya berupa titik yaitu titik Kutub Selatan.

b) Garis Bujur (Meridian)

Garis bujur adalah garis khayal di permukaan bumi yang menghubungkan Kutub Utara dengan Kutub Selatan. Garis bujur 0° yang melewati kota Greenwich dekat London (Inggris) disepakati sebagai meridian utama dan dijadikan pedoman internasional dalam penentuan waktu di berbagai tempat yang berbeda di permukaan bumi. Garis bujur dibagi dua yaitu:
(1) Garis bujur timur, ialah garis yang berada di sebelah timur garis meridian utama besarnya 0 – 180°.
(2) Garis bujur barat, ialah garis bujur yang berada di sebelah barat garis meridian utama besarnya 0 – 180°.

Jaring-jaring astronomis adalah kumpulan garis lintang yang bersifat khayal. (Sumber: Atlas Indonesia dan Dunia, Lintas Media)
Jaring-jaring astronomis adalah kumpulan garis
lintang yang bersifat khayal. (Sumber: Atlas
Indonesia dan Dunia, Lintas Media)

Garis bujur (meridian) berfungsi untuk
  • menentukan letak suatu tempat di permukaan bumi,
  • menentukan waktu suatu tempat di permukaan bumi,
  • memperagakan gerak rotasi bumi,
  • memperagakan terjadinya siang dan malam sebagai akibat rotasi bumi dan penyinaran matahari,
  • memperagakan proses terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan,
  • mengetahui proses perubahan musim berdasarkan perubahan gerakan semu matahari terhadap bumi,
  • menentukan pembagian waktu di bumi berdasarkan garis bujurnya,
  • mengetahui pembagian iklim di permukaan bumi berdasarkan garis lintangnya, dan
  • membandingkan luas daratan dan lautan di permukaan bumi.