Membuat Resensi Menggunakan Struktur Resensi

1. Pengertian Resensi
Resensi adalah tulisan atau informasi yang membahas, mengulas, juga memberi pertimbangan mengenai karya orang lain tentang kelemahan, keunggulan, dan kelayakan buku tersebut dibaca oleh pembaca, pendengar, atau penonton. Karya yang biasa diresensi antara lain buku, gambar, musik, atau film. Orang yang membuat suatu resensi disebut dengan resensator. Pada pelajaran kali ini kamu akan berlatih membuat resensi buku.

2. Struktur Resensi
Struktur Resensi terdiri atas empat bagian utama. Keempat bagian struktur resensi tersebut adalah identitas karya, bagian sinopsis, bagian ulasan atau telaah atau bahasan, & bagian penutup resensi.
  1. Bagian identitas, biasanya dicantumkan identitas karya atau karangan yang diresensi. Identitas  resensi meliputi judul karangan, pengarang, penerbit, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman), serta harga buku. Bagian identitas resensi ini bertujuan untuk memperkenalkan kehadiran sebuah karya buku baru kepada masyarakat pembaca.
  2. Bagian sinopsis resensi mencantumkan ringkasan karangan. Karya yang diresensi biasanya dipilih jenis buku fiksi atau nonfiksi, kemudian dibuat sinopsisnya yang berisi pokok-pokok isi buku.
  3. Bagian ketiga adalah ulasan. Bagian ulasan dalam resensi ini berisi bahasan, ulasan, atau pertimbangan mengenai “baik” atau “buruknya” sebuah buku. Betapapun juga, dari sebuah karya pasti ada sisi baiknya dibandingkan dengan karyakarya lain yang sejenis. Sebaliknya, betapapun bagusnya, sebuah buku pasti ada saja kekurangan atau kelemahannya.
  4. Bagian penutup, biasanya berisi simpulan resensi. 
Pahamilah contoh penulisan resensi terstruktur berikut beserta bagian-bagiannya!

Struktur resensi

Siapa saja musisi Indonesia yang telah berhasil menorehkan tinta emas dalam sejarah industri musik sejak dasawarsa 50-an hingga 80-an? Sinopsis isi resensi secara singkat
Bing Slamet, salah satunya, adalah penyanyi, gitaris, komposer, aktor, serta komedian. Titiek Puspa, namanya yang tertatah pada dunia musik hingga layar lebar, hingga kini tetap bertahan di gugus musik Indonesia. Begitu juga dengan Koes Plus, apa pun yang dibuat oleh Koes Plus pada zamannya, akan berubah menjadi emas. Siapa yang tak kenal dengan Chrisye? Karir musiknya selama 30 tahun begitu gemilang. Mereka adalah beberapa di antaranya.

Benyamin Sueb, Lilis Surjani, Jack Lesmana, Keenan Nasution, Yockie Soeryoprayogo, Fariz RM, Sylvia Saartje, Franky & Jane, Gombloh, Vina Panduwinata, serta masih banyak lagi terdapat dalam buku “Musisiku” ini yang ditulis dengan catatan biografi, sedikit analisis, serta dilengkapi dengan diskografi.
Ulasan resensi

Buku ini memang ingin membentang perjalanan musik Indonesia dengan sederet pelakunya yang mewakili zamannya.
Penutup resensi
Wartawan Republika Resensator