Kondisi Geografis Amerika Serikat

a. Batas-batas Kawasan
Amerika Serikat atau USA (United States of Amerika) adalah negara paling penting di benua ini. Wilayahnya, kecuali satu blok daratan dengan Kanada dan Meksiko, termasuk dua negara bagian lain. Yang pertama adalah Alaska. Letak nya di ujung benua ini, terpisahkan oleh ke 48 negara Amerika Serikat lainnya serta oleh wilayah Kanada. Negara bagian lainnya yang letak nya berjauhan adalah Hawai. Negara bagian Amerika Serikat ini berbentuk kepulauan yang berada di tengah Samudra Pasifik.

Sesuai dengan arti serikat yaitu perkumpulan atau himpunan, gabungan atau persekutuan. Jadi jika kata serikat kita kaitkan pada suatu negara maka serikat akan memiliki arti negara yang terdiri gabungan negara-negara bagian. Sebagai contoh kata serikat yang sering kita dengar adalah serikat pekerja yang berarti kata serikat ini memiliki arti gabungan atau kumpulan pekerja dari berbagai perusahaan.

Letak astronomis amerika serikat
Secara astronomis, letak kawasan Amerika Serikat terletak pada garis 24°33’ LU – 70°23’ LU dan antara 172°27’ BT – 66°51’ BB. Sedangkan secara geografis, daratan utama Amerika Serikat memiliki batas-batas sebagai berikut.
  1. Bagian utara berbatasan dengan Kanada.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Meksiko dan Meksiko.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  4. Peta Amerika Serikat (Sumber: World Book, 2006)
    Peta Amerika Serikat
    (Sumber: World Book, 2006)
  5. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.
Adapun batas-batas negara bagian Alaska adalah:
  1. sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik,
  2. sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik,
  3. sebelah timur berbatasan dengan Kanada, dan
  4. sebelah barat berbatasan dengan Laut Bering.

b. Bentang alamnya
Bentang alam astronomis kawasan Amerika Serikat, secara garis besar, dideskripsikan sebagai berikut: astronomis di pantai barat terdapat dataran rendah yang sempit, berhadapan dengan Samudra Pasifik. Dataran ini dibatasi pegunungan pantai yang merupakan tepi barat rangkaian Pegunungan Rocky. Di seberang Rocky Mountains terdapatlah Dataran Tengah (The Central Plain) yang merupakan dataran tinggi di sebelah barat. Yang termasuk ke dalam kawasan ini ialah negara bagian: Dakota Utara, Dakota Selatan, Nebraska, Kansas, Oklahoma, dan Texas. Sedangkan, Illinois, Indiana, Missouri, Kentucky, Arkansas, Mississippi, Alabama, dan Louisiana terletak di dataran rendah lembah Sungai Missouri-Mississipi.

Di bagian utara great plain itu terdapat danau-danau besar. Perbedaan tinggi permukaan air antara danau-danau itu menghasilkan air terjun, seperti Niagara Fall selain menarik para wisatawan, tenaganya juga menghasilkan tenaga listrik.

The Great Plain dibatasi Pegunungan Alleghany yang merupakan pegunungan tua di dekat pantai timur USA. Pegunungan ini memiliki banyak persediaan mineral dan potensi tenaga air. Sedangkan di bagian dataran rendah Pantai Atlantik merupakan bagian dari kawasan negara ini yang paling ramai disinggahi kapal-kapal internasional.


c. Lokasi (iklim, flora, dan fauna)
Kawasan Amerika Serikat mempunyai astronomis iklim yang bervariasi yaitu:
  1. di pantai utara bagian barat beriklim sedang,
  2. pantai barat bagian selatan beriklim mediteran,
  3. pantai barat laut beriklim sedang basah,
  4. pantai tenggara beriklim subtropik basah,
  5. di wilayah teluk Meksiko dan pantai pedalaman beriklim kontinental,
  6. Alaska beriklim kutub (dingin), dan
  7. kepulauan Hawaii beriklim hujan tropik.
Kawasan timur Amerika Serikat masih banyak dijumpai hutan lebat, yaitu hutan luruh. Di bagian utaranya tumbuh subur pohon-pohon pinus. Di sebelah timur ditumbuhi rerumputan yang tinggi. Sedangkan di bagian barat dan selatan ditumbuhi padang rumput yang pendek, dan di kawasan pedalaman California dan dekat Arizona ditumbuhi oleh vegetasi gurun.

Negara-negara bagian di kawasan selatan negara ini memiliki varietas pepohonan yang hijau sepanjang tahun. Tumbuhan palma dan tropis hidup di bagian selatan Florida dan California. Pohon-pohon konifer yang tinggi dan besar-besar (redwood) banyak tumbuh di daerah Podzol pegunungan California, dan di bagian tengah dan selatannya merupakan lahan yang subur bagi budidaya buah-buahan dan sayuran.

Jenis fauna yang hidup di negeri Paman Sam antara lain: bison, antelop, beruang di kawasan Midwes, domba, bighom, rusa, di kawasan pegunungan; puma di pesisir pasifik, armadilo, selot, dan jaguar di kawasan barat daya; posium, oligator, buaya kardinal di kawasan selatan; dan karibu beruang kutub, anjing laut, paus di kawasan Alaska.


d. Keadaan penduduk
Jumlah penduduk Amerika Serikat terdiri orang-orang kulit putih, yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia. Dari Afrika, orang-orang Negro juga merupakan pendatang yang cukup banyak. Selain itu, ada pula orang-orang Asia, seperti: Cina, India, Jepang, dan Vietnam. Orang Indian tidak lebih dari sejuta jiwa, sedangkan orang Eskimo di negara bagian Alaska berjumlah sedikit saja.

Ras diskriminasi juga pernah terjadi di negara ini, yang terutama dirasakan oleh orang-orang negro di bagian selatan.


e. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk
Pembahasan kegiatan perekonomian penduduk akan diulas secara region per region, agar kita memperoleh gambaran hubungan antara bentuk kegiatan-kegiatan itu dengan potensi alamnya.

1) Astronomis Daerah pantai pasifik
Hutan Fir Douglas dan cedar yang menutupi bagian utara daerah ini menjadikannya sebagai daerah penghasil kayu yang penting di AS. Iklimnya yang sejuk cocok untuk peternakan sapi perah. Bahan galian yang dihasilkan daerah ini ialah tembaga. Daerah California merupakan daerah pertanian yang menghasilkan buah-buahan dan sayuran. Daerah ini juga mengandung minyak bumi, emas, perak, dan tembaga. Los Angles terkenal dengan industri filmnya, dan San Francisco merupakan kota pelabuhan yang terkenal.

2) Daerah sistem Pegunungan Rocky
Di daerah ini terkandung bahan tambang seperti: tembaga, emas hitam, aluminium, emas, perak, dan seng. Birmingham di daerah ini merupakan pusat industri logam.

3) Astronomis Bagian barat Sentral Plain
Satu-satunya kegiatan yang cocok di daerah ini adalah peternakan.

4) Daerah dataran rendah
Yang dimaksud dengan daerah dataran rendah itu adalah daerah bagian sentral plain mulai dari daerah danau-danau besar ke arah selatan sampai dataran rendah teluk Meksiko, Semenanjung Florida, dan pantai pasifik bagian selatan. Bagian utara daerah ini merupakan pusat kegiatan pertambangan, industri, perdagangan, dan transportasi.

5) Daerah paling timur: Astronomis Appalachia dan dataran rendah pantai pasifik
Di daerah ini terkandung batubara, terdapat industri besi, industri pesawat terbang, industri kertas, juga merupakan pusat perdagangan dan transportasi.

6) Astronomis Alaska
Negara Amerika Serikat yang ke 49 ini memiliki kekayaan bumi berupa emas dan minyak bumi.

7) Astronomis Hawaii
Merupakan daerah yang potensial bagi daerah pengembangan pertanian, karena daerahnya yang beriklim tropika.

Komentar

  1. letak astronomis nya perlu direvisi lagi kayanya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya diganti ini 25°LU - 49°LU dan 66°BB - 125°BB, kebetulan angka tersebut merupakan angka pembulatan. sedangkan untuk posisi baik itu di pelajaran geologi maupun ilmu ukur tanah dinyatakan dalam derajat (°) menit(') detik(") jadi yang saya ambil untuk ditulis disini bukan angka pembulatan dlm derajat saja tapi hasil pengukuran tanpa pembulatan, soalnya selisih 1° luas wilayahnya sudah beda. Kl ingin dicoba bisa pakai alat ukur semacam theodolit, coba buat 6 patok di halaman atau tanah lapang trus masing-masing patok diukur untuk dibuatkan gambar poligon tertutupnya. kl pengukurannya dibulatkan (misal 6derajat, 55menit, 45 detik, dibulatkan jadi 7derajat), 100% poligon yang Anda buat tidak akan tertutup. :)

      Hapus

Posting Komentar

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.blogspot.com ini. Berkomentarlah secara bijak.