Perkembangbiakan Tumbuhan

Pernahkah kamu memerhatikan tumbuhtumbuhan yang ada di sekitar rumahmu? Bagaimana cara tumbuh-tumbuhan itu berkembang biak?

Tunas pada pohon pisang merupakan calon tanaman baru
Tunas pada pohon
pisang merupakan calon tanaman
baru

Coba perhatikan tanaman pisang yang ada pada Gambar diatas! Tahukah kamu apa benda kecil yang tumbuh di samping pohon pisang tersebut? Apa pula kegunaan bagian kecil itu?

Sesuatu yang muncul atau tumbuh di samping pohon pisang tersebut adalah tunas. Tunas merupakan calon tanaman yang baru. Dari tunas tersebut nantinya akan tumbuh menjadi pohon pisang yang tinggi. Pohon pisang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas.

Sekarang cobalah kamu amati Gambar di bawah ini! Apa yang dilakukan oleh lebah pada gambar tersebut? Adakah juga manfaat yang didapat dari bunga akibat ulah lebah tersebut?

Lebah membantu dalam penyerbukan tumbuhan
Lebah membantu dalam penyerbukan
tumbuhan

Sebenarnya lebah tersebut sedang menghisap madu sekaligus membantu penyerbukan, yaitu mempertemukan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina dari bunga. Bunga dapat melakukan perkembangbiakan melalui perkawinan atau secara generatif. Jadi keberadaan lebah tersebut sesungguhnya membawa manfaat yang besar bagi bunga.

Perkembangbiakan tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu secara vegetatif (tidak kawin) dan secara generatif (kawin).

Komentar