Kegiatan Konsumsi

Pengertian kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang bersifat mengurangi, atau menghabiskan manfaat dan kegunaan hasil dari produksi (barang atau jasa) untuk memenuhi kebutuhan. Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan berupa konsumsi disebut konsumen. Kegiatan dari konsumsi dapat dilakukan oleh rumah tangga keluarga, perusahaan, dan negara.

1) Konsumsi Rumah Tangga
Rumah tangga keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya. Contoh kegiatan konsumsi rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan berupa makanan, contoh lain berupa pakaian, rumah, listrik ataupun telepon.

Makan salah satu kegiatan konsumsi yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari
Makan salah satu contoh dari kegiatan bentuk konsumsi yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari
2) Konsumsi Perusahaan
Perusahaan merupakan tempat berlangsungnya proses produksi. Contoh pada saat memproduksi barang, perusahaan memerlukan bahan baku, tenaga kerja, dan modal. Perusahaan dalam hal ini bukan hanya melakukan kegiatan produksi akan tetapi juga melakukan konsumsi ditujukan untuk menghasilkan barang atau jasa.

3) Konsumsi Negara
Kegiatan pada konsumsi negara berbeda dengan konsumsi rumah tangga keluarga dan perusahaan. Konsumsi negara bertujuan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan masyarakat. Biaya yang digunakan untuk konsumsi negara berasal dari masyarakat. Sebagai contoh Negara setiap akhir tahun membuat rancangan anggaran dan belanja negara. Hal ini dilakukan agar pengeluaran pemerintah dapat sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.

Kegiatan konsumsi ini sangat penting demi kelangsungan hidup manusia, akan tetapi bukan berarti sikap boros dapat dibenarkan. Kita harus selalu mempertimbangkan besarnya pendapatan dan harus selektif dalam melakukan konsumsi. Kita harus mendahulukan kebutuhan yang paling penting, sebagai contoh mendahulukan kebutuhan pangan atau kebutuhan untuk makan ketimbang kebutuhan membeli mobil, contoh lainnya mendahulukan kebutuhan membeli seragam sekolah daripada membeli hp.

Untuk hal tersebut sebaiknya setiap orang harus membuat skala prioritas kebutuhan yang disesuaikan dengan pendapatannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran yang tidak seimbang dengan pendapatan.

Komentar