Respon Kekebalan dan Vaksinasi pada Hewan

Respon Kekebalan

Sistem kekebalan dapat digolongkan dalam dua jenis respon yaitu respon humoral dan respon yang diperantarai sel. Kekebalan humoral melibatkan aktivasi sel B dan diikuti oleh produksi antibodi yang beredar didalam plasma darah dan limfa yang berupa cairan. Jenis kekebalan yang kedua adalah kekebalan yang diperantarai oleh sel, dalam hal ini adalah sel T. Antibodi sebagai respon humoral bekerja melawan bakteri, toksin dan virus yang ada dalam cairan tubuh. Sebaliknya sel T yang merupakan bagian dari respon yang diperantarai sel secara aktif melawan bakteri, virus, fungi, protozoa dan parasit cacing.

Baca juga: Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Ketika bumi berevolusi, ternyata poros bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika

Vaksinasi

Kekebalan dapat dicapai secara alamiah akibat kesembuhan dari suatu penyakit infeksi yang disebut kekebalan aktif ( active immunity). Kekebalan aktif dapat juga diperoleh akibat imunisasi atau vaksinasi. Vaksinasi merupakan usaha untuk merangsang timbulnya kekebalan pada individu hewan terhadap penyakit tertentu. Sedangkan pengertian vaksin adalah suatu produk biologi yang berisi sejumlah mikroorganisme sebagai suatu penyebab suatu penyakit. Agen penyakit tersebut tidak mampu lagi menyebabkan penyakit, tetapi masih tetap mempertahankan kemampuan untuk bertindak sebagai antigen yang dapat merangsang suatu respon kekebalan dan yang paling penting merangsang memori imunologis. Hewan yang sudah divaksinasi , saat menghadapi patogen sesungguhnya akan mempunyai respon kekebalan sekunder yang cepat berdasarkan sel memori yang sama seperti hewan yang sebelumnya telah pernah terserang penyakit tersebut.

Titik vaksinasi yang benar ada sapi
Titik vaksinasi yang benar pada sapi
Antibodi dapat dipindahkan dari satu individu ke individu lain, dan inilah yag disebut kekebalan pasif (passive immunity). Hal ini bisa terjadi secara alamiah ketika sedang menyusui anaknya , IgA akan disalurkan melalui air susu khususnya pada awal masa sekresi yang disebut kolustrum. Pemindahan kekebalan ini bisa juga terjadi lewat plasenta pada saat bunting dan juga lewat ovarium pada unggas. Kekebalan pasif ini hanya bertahan selama antibodi itu bekerja. Kekebalan pasif dapat juga dipindahkan secara buatan dengan menyuntikkan antibodi dari hewan yang telah kebal terhadap suatu penyakit terhadap hewan lain. Kekebalan ini hanya memberikan perlindungan jangka pendek. Tetapi kekebalan yang diberikan bersifat cepat.

Induk Ayam dengan antibodi NDV diturunkan pada turunannya melalui kuning telur dan antibodi tersebut akan bertahan sampai 4,5 hari setelah penetasan.

Contoh tabel program vaksinasi
Contoh program vaksinasi
Vaksinasi umumnya dilakukan untuk mencegah serangan penyakit yang disebabkan virus. Vaksin dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
  1. Virus hidup ( Vaksin aktif ) adalah vaksin yang berisi virus hidup yang telah dilemahkan, akan tumbuh dan berkembang biak didalam tubuh ternak.
  2. Vaksin mati (Vaksin inaktif) adalah vaksin yang berisi virus atau bibit penyakit dalam keadaan mati.
Mikroorganisme dalam vaksin akan mati apabila disimpan pada suhu panas atau terkena sinar matahari langsung.

Artikel belajar online lainnya: Rumusan dasar negara yang diusulkan memiliki perbedaan satu dengan yang lain

Program vaksinasi merupakan tindakan yang paling baik dalam rangka mencegah timbulnya penyakit. Vaksinasi merupakan garis pertahanan pertama yang paling utama di dalam melindungan hewan dari serangan penyakit. Namun demikian bukan berarti boleh mengabaikan manajemen pengelolaan kandang. Vaksinasi yang dilakukan dengan benar akan diperoleh hasil yang baik karena program vaksinasi yang dilakukan secara benar akan menjaga kondisi kesehatan hewan dengan cara pembentukan antibodi. Program vaksinasi berbeda-beda tergantung dari situasi kondisi di lingkungan peternakan tersebut. Peternakan yang satu bisa berbeda program vaksinasinya dengan peternakan yang lainnya. Demikian juga program vaksinasi pada unggas akan berbeda dengan program vaksinasi pada hewan ruminansia.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam vaksinasi, yaitu jenis vaksin, metode vaksinasi, dosis vaksin, jadwal vaksinasi, waktu pemberian vaksin, dan cara penyimpanan vaksin.

Komentar