Sistem Syaraf pada Hewan

Lakukan pengamatan terhadap tingkah laku hewan apabila kita memberikan rangsangan pada hewan tersebut. Bagaimana reaksi yang akan terjadi apabila hewan disuntik? Bagaimana pula bila kita dicubit? Reaksi yang terjadi tentu berbeda. Reaksi tersebut timbul karena ada rangsangan yang diberikan.

Coba diskusikan dengan teman-teman anda, apakah ada perbedaan diantara gerakan akibat ada rangsangan yang berbeda-beda tersebut. Pada rangsangan dengan aliran listrik coba lakukan dengan melakukan perubahan pada voltage dari arus listrik mulai dengan voltage rendah yang meningkat ke yang lebih tinggi. Amati pada voltage berapakah hewan tersebut memberikan reaksi. Bagaimana mekanismenya sehingga terjadi perbedaan reaksi akibat rangsangan yang berbeda.

Baca juga: Angsa Mengajarkan tentang Isolator Panas Kepada Manusia 

Sistem syaraf adalah sistem organ pada hewan yang terdiri atas serabut syaraf yang tersusun atas sel-sel syaraf yang saling terhubung dan esensial untuk persepsi sensoris indrawi, aktivitas motorik yang disadari (volunter) dan aktivitas organ atau jaringan tubuh yang tidak disadari (involunter), serta homeostasis dan keseimbangan berbagai proses fisiologis tubuh. Sistem syaraf merupakan jaringan paling rumit dan paling penting karena terdiri dari jutaan sel syaraf (neuron) yang saling terhubung dan vital untuk perkembangan, bisa beradaptasi dan bereaksi dengan lingkungan. Satuan kerja utama dalam sistem syaraf adalah neuron yang diikat oleh sel-sel glia.

Sistem syaraf pada vertebrata secara umum dibagi menjadi dua, yaitu sistem syaraf pusat (SSP) dan sistem syaraf tepi (SST). SSP terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. SST terdiri dari syaraf, yang merupakan serat panjang yang menghubungkan SSP ke setiap bagian dari tubuh. SST meliputi syaraf motorik, memediasi pergerakan pergerakan volunter (disadari), sistem syaraf otonom, meliputi sistem syaraf simpatis dan sistem syaraf parasimpatis dan berfungsi untuk regulasi (pengaturan) involunter (tanpa disadari) dan sistem syaraf enterik (pencernaan), sebuah bagian yang semi-bebas dari sistem syaraf yang fungsinya adalah untuk mengontrol sistem pencernaan.

Pada tingkatan seluler, sistem syaraf didefinisikan dengan keberadaan jenis sel khusus, yang disebut neuron, atau dikenal sebagai sel syaraf. Neuron memiliki struktur khusus yang dapat berfungsi untuk mengirim sinyal secara cepat dan presisi ke sel lain. Neuron mengirimkan sinyal dalam bentuk gelombang elektrokimia yang berjalan sepanjang serabut tipis yang disebut akson, yang mana akan menyebabkan bahan kimia yang disebut neurotransmitter dilepaskan di pertautan yang dinamakan sinaps. Sebuah sel yang menerima sinyal sinaptik dari sebuah neuron dapat tereksitasi, terhambat, atau termodulasi. Hubungan antara neuron membentuk sirkuit neural yang mengenerasikan persepsi organisme dari dunia dan menentukan tingkah lakunya. Bersamaan dengan neuron, sistem syaraf mengandung sel khusus lain yang dinamakan sel glia (atau sederhananya glia), yang menyediakan dukungan struktural dan metabolik.

Sistem syaraf ditemukan pada kebanyakan hewan multiseluler, tapi bervariasi dalam kompleksitas. Hewan multiselular yang tidak memiliki sistem syaraf sama sekali adalah porifera, placozoa dan mesozoa, yang memiliki rancangan tubuh sangat sederhana. Sistem syaraf ctenophora dan cnidaria (contohnya, anemon, hidra, koral dan ubur-ubur) terdiri dari jaringan syaraf difus. Semua jenis hewan lain, terkecuali beberapa jenis cacing, memiliki sistem syaraf yang meliputi otak, sebuah central cord (atau 2 cords berjalan paralel), dan syaraf yang beradiasi dari otak dan central cord. Ukuran dari sistem syaraf bervariasi dari beberapa ratus sel dalam cacing tersederhana, sampai pada tingkatan 100 triliun sel pada manusia.

Artikel belajar online lainnya: Tsunami (bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan")

Pada tingkatan paling sederhana, fungsi sistem syaraf adalah untuk mengirimkan sinyal dari satu sel ke sel lain, atau dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lain. Sistem syaraf rawan terhadap malfungsi dalam berbagai cara, sebagai hasil cacat genetik, kerusakan fisik akibat trauma atau racun, infeksi, atau sederhananya penuaan. Penelitian medis di bidang neurologi mempelajari penyebab malfungsi sistem syaraf, dan mencari intervensi yang dapat mencegahnya atau memperbaikinya. Dalam sistem syaraf perifer/tepi (SST), masalah yang paling sering terjadi adalah kegagalan konduksi syaraf, yang mana dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab termasuk neuropati diabetik dan kelainan demyelinasi seperti sklerosis ganda dan sklerosis lateral amiotrofik.

Komentar