Struktur dan Bagian pada Ginjal

Struktur dari ginjal dan bagian pada ginjal akan menjadi ulasan artikel plengdut.com kali ini. Ginjal atau ren berbentuk seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal terletak dikanan dan kiri tulang pinggang yaitu didalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah and berwarna merah keunguan.

Pada ginjal sebelah kiri mempunyai perlekatan dengan struktur bagian dinding rongga perut lebih longgar daripada struktur bagian bagian ginjal sebelah kanan. Struktur lapisan ginjal bagian luar disebut kulit ginjal atau struktur korteks, sedangkan struktur pada lapisan dalam disebut sum-sum ginjal atau struktur medula. Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal yang disebut pelvis renalis.

Struktur dari korteks dan bagian medula pada ginjal
Struktur dari korteks dan bagian medula pada ginjal
Satuan struktural dan fungsional ginjal yang terkecil disebut nefron. Tiap struktur nefron terdiri atas badan malpighi yang terusun dari kapsul Bowman. Tubulus-tubulus pengumpul, dan lengkung Henle yang terdapat bagian medula.

Struktur dari bagian nefron pada ginjal
Struktur dari bagian nefron pada ginjal
Kapsul Bowman berdinding rangkap dengan glomerulus didalam cekungan kapsulnya. Glomerulus merupakan untaian pembuluh kapiler darah yang dindingnya bertaut menjadi satu dengan dinding kapsul Bowman sehingga zat-zat yang terlarut dalam darah merembes ke dalam ruang kapsul Bowman yang berdinding rangkap.

Struktur bagian kapsul bowman pada ginjal
Struktur bagian kapsul bowman pada ginjal
Pembuluh darah arteri yang bercabang-cabang menjadi sejumlah arteriola yang disebut arteriola aferen. Arteriola aferen bercabang-cabang menjadi kapiler glomerulus. Kapiler glomerulus bersatu kembali menjadi arteriola aferen dan membelit mengelilingi tubulus proksimal, lengkung henle, dan tubulus distal dari suatu nefron. Kapiler glomerulus kemudian bermuara ke dalam venula, serta bergabung menjadi vena renalis menuju vena kava inferior.

Lengkung henle adalah bagian saluran ginjal (tubulus) yang melengkung pada daerah medula dan berhubungan dengan tubulus prosimal maupun tubulus distal di daerah korteks. Bagian lengkung henle pada ginjal ada dua, yaitu bagian lengkung Henle asendens (menanjak) dan lengkung Henle desendens (menurun). Ginjal dilindungi oleh lemak. Ginjal memiliki arteri renal (arteri ginjal) yang menyuplai darah. Tiap renal memiliki jaringan pembuluh (kapiler) di bagian korteks. Sebagai akibatnya, korteks pada ginjal tampak lebih gelap daripada medula.

Satuan struktural dan fungsional ginjal yang terkecil Nefron
Satuan struktural dan fungsional ginjal yang terkecil Nefron
Ginjal mengendalikan potensi air pada darah yang melewatinya. Substansi yang menyebabkan potensi ketidakseimbangan air pada darah akan dipisahkan dari darah dan diekskresikan dalam bentuk urin pada ginjal. Misalnya, sisa nitrogen hasil pemecahan asam amino dan asam nukleat.

Secara umum struktur ginjal terdiri atas tiga bagian seperti yang akan plengdut uraikan berikut ini:

1) Struktur Bagian Kulit ginjal (korteks)
Pada bagian korteks ginjal atau kulit ginjal terdapat glomerulus dan simpai Bowman. Glomerulus dan simpai Bowman membentuk kesatuan yang disebut Badan Malpighi. Pada bagian inilah proses penyaringan darah dimulai di ginjal. Badan malpighi merupakan awal dari nefron ginjal. Bagian Nefron adalah satuan struktural dan fungsional ginjal. Tiap ginjal tersusun oleh kira-kira 1 juta nefron. Dari badan Malpighi ginjal terbentuk saluran yang menuju bagian medula (sumsum ginjal).

2) Struktur Bagian Rongga ginjal (pelvis renalis)
Di rongga ginjal ini bermuara saluran pengumpul. Dari rongga tersebut, urin keluar dari saluran ureter menuju vesika urinaria (kandung kemih). Dari kandung kemih, urin keluar tubuh melalui saluran uretra.

3) Struktur Bagian Sumsum ginjal (medula)
Medula (sumsum ginjal) tersusun atas saluran-saluran yang merupakan kelanjutan badan malphigi dan saluran yang ada di korteks ginjal. Pelvis renalis ginjal atau rongga ginjal berupa rongga yang berfungsi sebagai penampung urin sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

Fungsi dari Ginjal
Seperti yang telah di uraikan diatas bahwa ginjal terdiri dari dua bagian organ berbentuk kacang, dimana ginjal ini memiliki ukuran sebesar kepalan tangan kita. Posisi ginjal berada tepat di sekitar tengah dari punggung kita, pada bagian bawah dari tulang rusuk, dan berada dikedua sisi bagian tulang belakang.

Berat dari ginjal rata-rata sekitar 0,5% dari jumlah total berat badan kita. Walaupun ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki ukuran berat kecil, akan tetapi ginjal mampu bekerja dengan menerima 20% jumlah dari darah kita yang dipompa oleh organ jantung ke ginjal. Saat sebagian besar darah dipompa oleh jantung ke ginjal maka inilah proses fungsi dari ginjal mulai berjalan. Proses fungsi dari tugas ginjal ini berlangsung terus menerus, diantaranya sebagai berikut:
  • Ginjal berfungsi mengatur komposisi dari darah kita. Dalam hal ini ginjal berperan dalam menjaga konsentrasi dari berbagai ion & zat penting lainnya agar tetap konstan, serta menjaga volume dari air didalam tubuh kita agar selalu konstan. 
  • Ginjal juga berfungsi membersihkan kotoran/limbah dari tubuh kita, contohnya seperti kotoran dari urea, amonia, obat-obatan dan zat beracun lainnya.
  • Ginjal membantu mengatur tekanan darah pada tubuh kita.
  • Ginjal juga mampu merangsang pembuatan sel darah merah
  • Ginjal menjaga kadar kalsium tubuh kita
Ginjal pada tubuh kita akan menerima aliran darah dari arteri ginjal, pada proses ini ginjal mengembalikan darah yang diproses untuk tubuh melalui vena ginjal dan membuang limbah dan zat yang berbahaya bagi tubuh kita dalam bentuk urin di ginjal. Urin ini kemudian akan mengalir dari ginjal melalui ureter dan selanjutnya menuju kandung kemih. Didalam kandung kemih, urin akan disimpan hingga nantinya akan dikeluarkan dari tubuh kita melalui uretra.

Komentar