Struktur Dalam Bumi

Struktur Dalam Bumi atau susunan bumi bagian dalam sulit sekali diketahui secara langsung, sehingga orang berusaha manganalisanya lewat hasil pengukuran secara tidak langsung.

Wujud bagian dalam bumi menimbulkan beberapa pendapat dugaan, antara lain ada yang mengatakan bahwa semakin jauh ke dalam bumi temperatur semakin tinggi dan semakin kecil gradien geothermisnya. Setelah dihitung para ahli memperkirakan temperatur inti bumi sekitar 2.000°C - 3.000°C.

Bahan penyusun inti dalam bumi

Berdasarkan pengukuran empiris menimbulkan pendapat bahwa inti bumi pasti berwujud gas karena pada temperatur yang tinggi materi padat akan mencair dan kemudian berubah menjadi gas. Sebagian ahli tidak sependapat dengan alasan bahwa makin ke dalam tekanan juga akan semakin tinggi karena tekanan lapisan dari atas semakin besar. Oleh karena itu, dibawah tekanan yang begitu besar maka inti bumi berwujud padat. Pendapat lain menggabungkan kedua pendapat di atas mengatakan bahwa inti bumi wujudnya kental, sebab sekalipun temperature tinggi namun tekanan yang begitu tinggi akan menghalangi perubahan zat menjadi gas.

3 Bagian besar struktur dalam bumi

Berdasarkan penelitian dengan bantuan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli menyusun suatu teori tentang susunan kerak bumi. Berdasarkan teori tersebut maka bumi terdiri atas tiga bagian besar yaitu kerak bumi (crush), selimut bumi (mantle), dan inti bumi (core). Masing-masing bagian tersebut akan kita bahas lebih detail pada postingan berikutnya. Para ahli mengemukakan keterangan yang diperoleh tidak saja dari analisa tentang gelombang gempa, melainkan juga dengan analisis data lainnya.

Komentar