Langkah-langkah & Cara Membuat Blog

Cara buat blog - Pada postingan kali ini, plengdut.com akan mengulas bagaimana cara dan langkah membuat sebuah blog. Saat ini ada banyak layanan gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah blog, contohnya seperti membuat sebuah blog di blogger, membuat di wordpress membuat di weebly, membuat di tumblr, dan lain sebagainya. Pada postingan kali ini yang akan kita ulas adalah bagaimana cara mudah membuat mini blog di blogger.

Untuk membuat sebuah blog pribadi caranya cukuplah mudah. Yang wajib dibutuhkan hanya email gmail. Jadi buat kalian yang belum punya email gmail tapi ingin membuat sebuah blog, silahkan membuat email gmailnya terlebih dahulu, sedangkan yang sudah punya boleh melanjutkan tutorial cara mudah membuat sebuah blog berikut ini.

Cara Mudah Membuat sebuah blog di blogger
Langkah mudah dalam membuat sebuah blog yang pertama yaitu silahkan kunjungi halaman utama blogger pada alamat: https://www.blogger.com/ , Langkah selanjutnya yaitu silahkan login menggunakan email gmail yang sudah dimiliki tadi.

cara membuat blog: login blogger menggunakan gmail
Langkah awal membuat sebuah blog; gunakan email gmail untuk login awal di halaman blogger
Setelah login menggunakan email untuk pertama kali masuk kehalaman blogger, maka selanjutnya akan muncul tampilan baru dari blogger. Pada tampilan awal versi baru blogspot blogger ini, pengguna akan disuruh memilih profil yang akan digunakan pada blog nantinya (jika belum memiliki google+ maka tampilan ini akan muncul). Perhatikan gambar berikut ini:

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot: memilih profile blog awal sebagai profile blogspot kita
Pilih profil yang akan digunakan pada blog nanti

Pada gambar diatas terdapat 2 pilihan cara menggunakan profil. Cara pertama adalah membuat profile Google+ dimana jika akun G+ dihubungkan dengan blog maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan cara ini, diantaranya kapasitas penyimpanan gambar akan naik hingga 15GB. Sedangkan cara kedua jika memilih membuat profile blogger standard/biasa maka kapasitas gambar yang dimiliki hanya 1GB (pilihan cara no 2 pada gambar diatas).

Langkah mudah buat profile G+ pada blog
Perlu diketahui juga bahwa cara pertama menghubungkan profile blog menggunakan google+ ini dapat meningkatkan author yang dimiliki pada blogspot dikarenakan terhubung langsung dengan salah satu media sosial milik google yaitu g+ dan bisa kalian gunakan sebagai wadah untuk promosi tulisan nantinya.

Sehingga untuk melanjutkan tutorial kali ini, saya memilih opsi profil cara no 1 yaitu dengan cara memilih membuat google+, silahkan di klik pilihan no 1 seperti pada gambar. Setelah diklik maka akan muncul halaman cara setting profil pada google+, silahkan diisi sesuai keinginan kalian (perhatikan gambar cara setting google+ profile dibawah ini).

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot : mendaftar google+ untuk profil blog
Gambar cara dan langkah buat / mengisi setting google+
Setelah mengisi halaman profil pada google+ seperti gambar di atas, maka cara selanjutnya yaitu silahkan klik tombol "upgrade" pada pojok kanan bawah kemudian akan muncul dialog box berisikan keterangan dan tips memilih nama profile google+ seperti gambar berikut ini:

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot: dialog box profile yang kita gunakan

Cara selanjutnya yaitu, jika sudah benar nama profile yang akan digunakan seperti pada dialog box yang tertera, cara selanjutnya silakan klik tombol proceed anyway untuk melanjutkan, atau jika ingin mengubah nama profile silahkan pilih go back untuk kembali ke settingan awal.

Selanjutnya akan muncul halaman follow seperti gambar dibawah ini. Silahkan follow beberapa teman anda atau follow beberapa pages pada google+ dengan cara klik tombol follow, atau mungkin juga ada yang mau follow halaman plengdut.com di +Pustaka Online juga boleh, dan kemudian klik tombol continue pada kanan bawah (lihat gambar).

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot: halaman follow google plus
Gambar cara follow beberapa pages atau teman di g+
Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman "put face to your name", silahkan upload foto kalian atau gunakan gambar lain untuk profile google+ kalian dan klik finish pada kanan bawah.

tambahkan profile picture pada account google+ anda
Tambahkan profile picture dengan cara upload foto pada account google+ kalian
Jika sudah selesai membuat profile google+ maka akan diredirect kembali ke halaman blogger dimana terdapat profile google+ yang sudah terkoneksi ke blogger.

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot: profile google+ yang sudah terkoneksi dengan dashboard blogger

Pada gambar diatas, bisa kalian lihat akun google+ yang kalian buat tadi sudah terkoneksi dengan dashboard blogger untuk dijadikan profil dalam membuat sebuah blog. Seperti sudah diutarakan sebelumnya, bahwa cara pemilihan google+ sebagai profile akan menambah beberapa keuntungan dalam buat sebuah blog, diantaranya yaitu sebagai cara upgrade kapasitas penyimpanan gambar blogspot dari default/standardnya cuma 1 GB menjadi 15 GB. Keuntungan lainnya yaitu sebagai cara menaikkan author profile sebagai penulis dikarenakan terkoneksi langsung dengan profile social media pada google+.

Langkah selanjutnya dalam cara praktis membuat sebuah blog yaitu, klik tombol orange di kiri bawah bertuliskan "Lanjutkan ke blogger" (jika mendaftar di blogger menggunakan bahasa Indonesia).

Jika sudah di klik maka halaman akan langsung diarahkan ke dashboard blogger seperti gambar berikut ini:

Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot - dashboard pada blogger
Gambar tampilan awal dashboard blogger, klik new blog untuk cara menambahkan / membuat sebuah blog baru

Pada dashboard tersebut silahkan di klik tombol "new blog" pada sisi kiri (tepat dibawah profile, lihat gambar atas). Tombol ini berfungsi untuk membuat sebuah blog baru, setelah di klik maka akan muncul halaman dialog box seperti gambar berikut ini:


Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot: mengisi title dan url
Sesuaikan template dengan cara memilih theme pada menu template

Jika muncul halaman dialog box seperti diatas, silahkan diisi sesuai dengan keinginan blog apa nantinya akan kalian buat. Agar tidak bingung, berikut ini saya berikan sedikit cara mengisi dan penjelasan mengenai kolom-kolom isian diatas tersebut:

Title
Title adalah tempat membuat judul blog yang akan digunakan. Silahkan diisi sesuai tema blog apa yang akan kalian buat. Cara memilih judul, misalnya bertema tumbuhan, maka judulnya bisa: "membuat cangkok pada tanaman"

Addres
Addres adalah tempat membuat alamat url yang nantinya akan kalian gunakan untuk blog kalian. Sebagai contohnya yaitu kita ingin membuat blog bertema ekonomi maka urlnya bisa dipilih ekonomimikro.blogspot.com. Hal penting dan perlu diperhatikan dalam cara menuliskan / membuat url blog ini adalah, perhatikan tanda di pojok kanan saat memilih nama url yang akan digunakan, apabila terdapat tanda silang, berarti url yag akan digunakan sudah ada yang pernah menggunakannya.

Akan tetapi jika tanda di sebelah kanan adalah centang berwarna biru berarti url yang kita gunakan belum ada yang memakainya. Perlu diingat juga dalam cara menuliskan nama url ini tidak boleh menggunakan sepasi, misalnya "membuat (spasi) kue.blogspot.com" maka akan terbaca invalid caracther, silahkan disambung dengan menggunakan tanda penghubung seperti misalnya "membuat-kue.blogspot.com"

Template
Pilih template sesuai dengan apa yang kalian inginkan, setelah itu silahkan klik create blog, maka hasilnya kita sudah memiliki sebuah blog baru seperti gambar dibawah ini:


Cara Membuat Blog di Blogger Blogspot: blog baru yang sudah kita buat


Sampai disini cara dalam membuat sebuah blog gratis di blogger blogspot sudah selesai. Untuk uraian selanjutnya aka saya jelaskan menu-menu yang ada dalam dashboard blogger kita yang baru ini.

Menu pada Blogger Blogspot
Berikut ini akan dijelaskan lingkungan menu pada blogger blogspot yang wajib kalian ketahui dalam membuat sebuah blog. Sebelumnya, perhatikanlah gambar dibawah ini:

menu pada blogger blogspot



Pada gambar diatas, bagian yang saya beri no 1 pada sisi kiri adalah bagian menu dari blog yang kita buat tadi. Sedangkan no 2 pada gambar adalah area yang menampilkan grafik pengunjung blog perhari. Selanjutnya pada sisi kanan adalah menu mengenai komentar terbaru yang belum di moderasi, komentar yang sudah diterbitkan, jumlah pengunjung hari ini, jumlah postingan artikel blog kita dan jumlah pengikut atau follower yang mengikuti blog kita.

Cara Praktis Membuat Postingan Pertama pada Blog
Cara mulai membuat postingan pertama pada blog baru kita silahkan klik tombol entri baru di kiri atas (lihat gambar diatas) maka akan dibawa ke halaman sperti pada gambar dibawah ini:

memulai postingan pertama pada blog baru


Gambar diatas adalah tempat kita akan membuat postingan pertama.
  • Area No 1 adalah tempat kita akan membuat judul
  • Area No 2 pada gambar diatas adalah area dimana tempat membuat artikel kita nantinya,
  • Sedangkan area no.3 adalah tempat memasang / membuat atribut-atribut pada postingan blog kita seperti membuat label.
Agar tidak bingung, berikut ini saya berikan video resmi dari blogger tentang bagaimana cara mudah membuat postingan artikel di blog kita untuk pertama kalinya.


Setelah menonton video tutorial diatas, sekarang silahkan kalian mencoba membuat postingan pertama pada blogspot kalian. Bagaimana? cukup mudah bukan cara dalam membuat sebuah blog? Blog yang kita buat juga bisa kita monetize untuk menghasilkan uang, selain itu jua blog ini bisa kita akses melalui versi mobile dengan cara menginstall aplikasi blogger pada gadget kita. Selamat mencoba.

Komentar