Skala Dari Waktu Pada Geologi

Dalam skala waktu dari geologi terdapat pembagian kurun geologi yaitu fanerozoikum, arkeozoikum, dan proterozoikum. Arkeozoikum artinya masa waktu kehidupan purba. Arkeozoikum sendiri berasal dari kata "Arkean" yang merupakan waktu dari geologi masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen. Batuan masa geologi ini ditemukan di beberapa bagian dunia yang lazim disebut kraton/perisai benua. Batuan geologi tertua tercatat berumur kira-kira 3.800.000.000 tahun. Masa waktu dari geologi ini juga merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer serta awal muncul kehidupan primitif di dalam samudera berupa mikro organisme geologi (bakteri dan ganggang). Fosil tertua yang telah ditemukan pada skala masa waktu dari geologi ini adalah fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan umur kira-kira 2.500.000.000 tahun geologi (2,5 milyar - 290 juta tahun yang lalu).

Proterozoikum artinya masa waktu kehidupan awal. Proterozoikum merupakan waktu atau masa geologi awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer. Pada skala zaman waktu masa geologi ini kehidupan mulai berkembang dari organisme geologi bersel tunggal menjadi bersel banyak (enkaryotes dan prokaryotes). Menjelang akhir masa geologi ini, organisme lebih kompleks, jenis invertebrata berubah lunak seperti ubur-ubur, cacing dan koral mulai muncul di laut-laut dangkal, yang bukti-buktinya dijumpai sebagai fosil sejati pertama.
Skala Dari Waktu Pada Geologi

Arkeozoikum dan proterozoikum bersama-sama dikenal sebagai masa waktu pra kambrium pada skala jaman waktu dari geologi. Fenerozoikum artinya sudah dijumpai adanya kehidupan yang nyata.

Di dasarkan pada kehidupan yang sudah nyata, kurun waktu pada geologi dibagi menjadi beberapa masa yaitu:
  1. Paleozoikum (tua, kuno). Pada skala geologi ini sudah terdapat jenis tumbuh-tumbuhan dan binatang,
  2. Mesozoikum (masa tengah). Saat skala era geologi ini mempunyai tumbuh-tumbuhan dan binatang yang erat hubungan kekeluargaannya yang ada pada jaman sekarang, dan sebagian jumlah besar jenisnya sudah punah.
  3. Kenozoikum. Dari skala sejarah waktu masa geologi ini, terdapat sisa-sisa kehidupan yang menunjukkan suatu permulaan pembentukan tumbuh-tumbuhan dan binatang yang sekarang.
Pembagian masa skala waktu dari geologi berdasarkan kumpulan kehidupan yang terkhususkan dan dasar pemberian nama skala pada waktu geologi didasarkan atas nama wilayah tipe dimana batuan yang mengandung fosil ditemukan. Contoh: devon, perm, jura.


Komentar