Contoh-contoh Keanekaragaman Genetika (Gen)

Genetic diversity (keanekaragaman gen) adalah jumlah total dari variasi atau jumlah perbedaan variasi gen dari satu spesies makhluk hidup baik itu hewan, tumbuhan dan juga manusia. Di dalam kehidupan kita sehari-hari, sebenarnya kita sering menjumpai berbagai macam keanegaragaman gen disekitar lingkungan kita. 

Contoh misalnya saat kita sedang berjalan-jalan di pasar, sering kita jumpai pedagang buah mangga yang sedang menjajakan dagangannya. Biasanya mangga-mangga yang dijual terdiri dari berbagai macam mangga, contohnya seperti mangga gadung, mangga golek, mangga manalagi, mangga kueni dan jenis mangga lainnya. 

Walaupun semuanya merupakan buah mangga, akan tetapi keanekaragaman baik itu dari bentuk, aroma, maupun rasanya menyebabkan mangga memiliki bermacam-macam jenis seperti yang sudah disebutkan diatas tadi. Keanekaragaman dalam satu spesies inilah yang kita sebut sebagai keanekaragaman tingkat gen. 

Variasi-variasi dari gen pada suatu spesies inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai bentuk keanekaragaman, contoh seperti perbedaan tebal tipisnya daging buah, atau contoh besar kecilnya ukuran buah dan lain sebagainya. Khusus untuk tanaman dan hewan ternak saat ini telah banyak dilakukan penelitian dalam bidang bioteknologi rekayasa genetik guna menghasilkan keanekaragaman dari gen itu sendiri untuk menghasilkan contoh bibit-bibit unggul dalam bidang pertanian dan juga hewan ternak pilihan dalam bidang peternakan. 

Contoh Keanekaragaman pada Gen


Kucing 

Bagi kalian pecinta kucing pasti telah hafal dengan berbagai macam jenis kucing. Salah satu contoh perbedaan gen kucing yang paling mencolok bisa kita lihat dari contoh pola dan perbedaan warna bulu kucing tersebut. Selain itu ada juga jenis-jenis kucing yang memiliki gen berbeda meskipun masih dalam satu spesies. 

Contoh gambar kucing sphynx
Contoh gambar kucing sphynx 

Misalnya contoh ada kucing anggora, kucing persia, kucing sphynx, kucing lokal, serta berbagai macam contoh jenis kucing lainnya. Perbedaan paling mencolok terlihat pada gen kucing sphynx, dimana kucing jenis tersebut pada seluruh tubuhnya tidak ditumbuhi bulu seperti kucing-kucing pada umumnya. 

Ayam

Kalau hewan ternak yang satu ini pastinya kalian semua sudah tau. Ayam memiliki ragam jenis yang bermacam-macam. Sebagai contoh ayam kate, ayam hutan, ayam ras dan ayam kampung. Bahkan dengan perkembangan teknologi rekayasa genetik saat ini keanekaragaman jenis ayam tadi bertambah dengan adanya ayam potong serta ayam petelur. 

Gen Ayam potong/pedaging
Ayam potong/pedaging
Ayam potong sebagai salah satu contoh bentuk rekayasa keanekaragaman campur tangan manusia dimana ayam ini akan memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari ayam normal, serta daging yang empuk. Begitu juga dengan contoh petelur, dimana ayam-ayam tersebut akan menghasilkan telur terus menerus walaupun tanpa melewati perkawinan dikarenakan telah terjadi perubahan gen yang sengaja di rekayasa untuk kebutuhan ekonomis. 

Mawar

Mawar juga termasuk bunga yang memiliki gen beranekaragam dengan lebih dari 10 macam warna. Mawar kuning, putih, dan juga merah merupakan contoh adanya keanekaragaman dalam sisi gen yang dimiliki tanaman ini. Contoh berikutnya bisa kalian amati juga pada gen bunga anggrek (anggrek ungu, anggrek bulan, dll), bunga bougenvile (contoh: merah, kuning, ungu, putih, dll) dan juga pada bunga Hydrangea. 


Contoh keanekaragaman warna mawar
Contoh mawar yang beranekaragam warnanya

Anjing

Pada hewan jenis anjing juga terjadi keanekaragaman gen. Misalnya anjing pudel dengan tubuh yang ditumbuhi bulu-bulu keriting mirip bulu pada domba dan ukuran tubuh anjing tidak terlalu besar. 

Postur tinggi dan bulu emas golden retriever menjadi keanekaragaman anjing
Postur tinggi dan bulu emas golden retriever
Contoh lainnya yaitu anjing buldog dengan tampang wajah seram dan bibir atas yang bergelambir serta perawakan tubuh yang gemuk dan pendek. Ada juga jenis anjing golden retriever dengan tubuh yang lebih tinggi dan besar serta warna bulu di dominasi warna kuning keemasan. Kesemuanya itu merupakan ragam gen pada Anjing. 

Dari beberapa contoh-contoh tadi, kalian tentu sudah bisa menyimpulkan bahwa keragaman di tingkat gen terjadi dalam satu spesies saja dengan variasi jenis yang berbeda. Atau dengan kata lain yaitu satu jenis hewan maupun tumbuhan dengan variasi jenis yang beranekaragam dikarenakan adanya variasi-variasi gen yang berbeda.

Komentar