Contoh Pengaruh/Efek Pemanasan Global pada Kehidupan di Bumi

Masih pada ulasan mengenai pemanasan secara global yang terjadi di bumi kita ini, kali ini akan plendut berikan contoh dari efek peristiwa ini. Pemanasan global yang terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada kehidupan bumi. Beberapa contoh dampak maupun efek contoh pengaruh dari pemanasan (warming) global adalah sebagai berikut:


Iklim tidak stabil

Pemanasan secara global mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrim, misalnya sebagai contoh terjadi perubahan pola curah hujan. Perubahan pola curah hujan dapat mengakibatkan terjadinya bencana banjir atau kekeringan di suatu daerah. Seperti yang terjadi di negara kita, datangnya musim hujan dan musim kemarau tidak dapat diprediksi lagi. Perubahan iklim ini juga mengakibatkan bencana angin ribut dan badai semakin meningkat.


Mencairnya es di kutub

Contoh gambar mencairnya es di kutub utara sebagai contoh besarnya perubahan pemanasan iklim yang terjadi
Contoh gambar mencairnya es di kutub utara sebagai contoh besarnya perubahan pemanasan iklim yang terjadi


Peningkatan suhu global selama berabad-abad telah mencairkan sejumlah besar es yang melapisi sebagian besar Antartika. Akibatnya permukaan air laut di seluruh dunia mengalami kenaikan. Seperti contoh misalnya banyak wilayah pantai yang mengalami bencana banjir, contoh berikutnya terjadi erosi, hilangnya daratan, dan masuknya air laut ke wilayah air tawar. Naiknya permukaan air laut contoh pengaruhnya dapat menenggelamkan kota-kota di tepi pantai dan negara kepulauan kecil.


Meningkatnya kasus gelombang panas


Pemanasan secara global mengakibatkan gelombang panas menjadi semakin sering terjadi dan semakin kuat. Tahun 2007 merupakan tahun pemecahan rekor baru untuk suhu yang dicapai oleh gelombang panas yang biasa melanda Amerika Serikat. Daerah St. George, Utah memegang rekor tertingi dengan suhu mencapai 48ยบ celcius. Contoh serangan gelombang panas tersebut efek nya higga memakan beberapa korban jiwa, mematikan ratusan ikan air tawar, merusak hasil pertanian, memicu kebakaran hutan yang hebat, serta membunuh hewan-hewan ternak.


Gangguan kehidupan laut


Efek contoh pemutihan yang terjadi pada karang akibat global warming
Efek contoh pemutihan yang terjadi pada karang akibat global warming


Adanya pemanasan atau naiknya temperatur global mengakibatkan suhu permukaan air laut menjadi lebih hangat sehingga meningkatkan tekanan bagi ekosistem laut, misalnya contoh terumbu karang yang menjadi berwarna putih. Suhu air yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan yang disebut "pemutihan karang". Pada proses ini karang-karang melepaskan ganggang yang memberikan warna dan makanan pada karang sehingga karang menjadi putih dan mati. Peningkatan suhu air juga mempermudah penyebaran efek penyakit-penyakit yang sangat mempengaruhi kehidupan di dalam laut.


Contoh Gangguan ekologis


Aktivitas penggundulan hutan guna pembukaan lahan baru termasuk efek contoh gangguan dalam ekologi
Aktivitas penggundulan hutan guna pembukaan lahan baru termasuk efek contoh gangguan dalam ekologi


Hewan dan tumbuhan sulit menghindar dari efek global pemanasan yang terjadi karena sebagian besar lahan telah digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Saat suhu bumi meningkat, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau keatas pegunungan. Sementara itu, tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, aktivitas dan pembangunan manusia (contoh seperti lahan pertanian, perkebunan, maupun perumahan) akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau ke selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Sebagai contoh beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.


Mencairnya gletser

Contoh lainnya peningkatan suhu di bumi secara global mengakibatkan mencairnya gletser-gletser di dunia sehingga mengancam ketersediaan sumber air bersih. Selain itu, efek mencairnya gletser tersebut berakibat meningkatnya permukaan air laut global.

Komentar