Manfaat Mempelajari Klasifikasi

Salah satu manfaat dalam mempelajari tata nama klasifikasi pada makhluk hidup adalah kita menjadi tahu nama ilmiah yang dipakai secara umum untuk spesies yang sedang kita amati. Selain itu, klasifikasi makhluk hidup akan memberikan banyak manfaat pengetahuan terutama mengenai keanekaragaman hayati bagi orang yang mempelajari.

Dari mempelajari tata klasifikasi juga kita dapat lebih mengenal maupun mempelajari keanekaragaman spesies yang meliputi hubungan kekerabatan antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya, mempelajari bagaimana ciri makhluk hidup dalam klasifikasi, mempelajari serta mengetahui bagaimana interaksi makhluk hidup terhadap lingkungan yang di tempatinya.

Klasifikasi: Salah satu manfaat genus Discorea yang sering digunakan sebagai obat pada jaman cina kuno
Klasifikasi: Salah satu manfaat genus Discorea yang sering digunakan sebagai obat pada jaman cina kuno

Contoh lainnya, klasifikasi juga dapat digunakan untuk manfaat melindungi spesies langka yang hampir punah. Cara ini biasanya digunakan para ilmuwan dalam menentukan dan mempelajari habitat spesies tersebut. Dengan memanfaatkan klasifikasi, para peneliti akan mempelajari serta mencari hubungan kekerabatan antara spesies hampir punah dengan kerabat terdekatnya. Dari sini (klasifikasi) akan dipelajari mengenai habitat sang kerabat dan ditarik kesimpulan untuk menciptakan habitat bagi spesies langka tersebut.

Para ilmuan juga banyak yang menggunakan klasifikasi untuk mempelajari dan menemukan manfaat tanaman obat. Sebagai contoh yaitu penemuan manfaat obat kortison berupa prekursor biokimia pada jenis spesies ubi tertentu seperti dalam genus Dioscorea. Dengan mempelajari sistem dari klasifikasi, kita juga dapat menemukan bibit unggul yang bisa digunakan sebagai bahan pangan, sandang, papan serta obat obatan dimana kesemuanya berguna bagi kehidupan manusia dan keseimbangan ekosistem lingkungan.

Komentar