Sebutkan Tujuan Dari Pembentukan Koperasi Sekolah?

Koperasi sekolah ialah bentuk jenis koperasi dimana anggotanya adalah siswa maupun murid sekolah dasar (SD), sekolah menengah (SMP), serta sekolah-sekolah yang merupakan tempat studi pendidikan setaraf dengan itu. Koperasi di sekolah bisa juga disebut sebagai koperasi siswa. 

Jika dilihat peraturan yang berlaku dalam koperasi sebenarnya untuk anggota koperasi haruslah orang-orang yang sudah dewasa, akan tetapi koprasi yang ada disekolah kalian memiliki anggota di bawah umur yaitu murid sekolah tersebut. Mengapa demikian? Jawabannya adalah koperasi pada sekolah sebenarnya dibentuk untuk melatih para siswa dan siswi sekolah untuk dapat melakukan aktivitas ekonomi koperasi dimana telah memperoleh izin oleh pemerintah.

Alasan

Pembelajaran kelembagaan koperasi sejak usia sekolah
Pembelajaran kelembagaan koperasi sejak usia sekolah

Pembentukan atau pendirian sebuah koperasi dalam sekolah memiliki maksud untuk menunjang pendidikan sekolah ke arah aktivitas kegiatan praktis. Selain itu, adanya koperasi di lingkungan sekolah bertujuan untuk menjangkau segala kebutuhan ekonomi dari kalangan siswa sekolah serta mengembangkan rasa bentuk tanggug jawab, setia kawan, disiplin, serta jiwa demokratis dari siswa dimana sangat berguna dalam pembangunan negara dan bangsa.

Koperasi pendidikan sekolah dianggap penting karena alasan alasan berikut ini:

  1. Pembentukan pengetahuan mengenai koperasi sangatlah penting dan perlu bagi generasi muda yang nantinya merupakan penerus dari cita-cita koperasi.
  2. Sebagai calon pemegang peranan di dalam mengembangkan koperasi di masa mendatang, para siswa sekolah diharapkan mampu menuju pembentukan perekonomian yang di dasarkan pada UUD 1945 terutama dalam pasal 33.


Tujuan

Sedangkan tujuan didirikannya koperasi dalam lingkungan sekolah bisa dijabarkan dalam point-point tujuan berikut ini:
  • Tujuan pertama yaitu agar siswa mempunyai kesadaran mengenai fungsi serta peranan koperasi sebagai soko guru serta pembentukan wadah utama dalam perekonomian rakyat
  • Tujuan berikutnya yaitu siswa mempunyai rasa tanggung jawab, jiwa demokratis, setia kawan dan juga disiplin
  • Tujuan lainnya yaitu agar siswa mampu meningkatkan pembentukan pembinaan serta upaya pembentukan kelembagaan koperasi pada sekolah deng sistematis, terus-menerus, dan terarah
  • Agar siswa memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis dalam hal pengelolaan koperasi sekolah melalui latihan-latihan maupun praktik kerja nyata merupakan tujuan pembentukan praktek koperasi
  • Menanamkan dan memupuk rasa tanggung jawab siswa sebagai tujuan dalam hidup bergotong royong di masyarakat
  • Menunjang pembentukan serta tujuan program pembangunan pemerintah di sektor koperasi melalui program pendidikan di sekolah
  • Pembentukan serta menumbuhkan aspirasi dan partisipasi masyarakat sekolah terhadap koperasi, sekaligus memiliki tujuan sebagai sarana untuk menanamkan jiwa, semangat, serta sikap berkoperasi.
  • Menunjang pendidikan sekolah ke arah pembentukan kegiatan-kegiatan praktis koperasi untuk mencapai tujuan berupa pemenuhan kebutuhan siswa.

Komentar