Manfaat dan Fungsi Teks Dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat kalian belajar di sekolah maupun membaca teks artikel di perpustakaan, kalian telah secara langsung memanfaatkan fungsi dari teks. Begitu juga manfaat dari teks pada artikel yang kalian baca bisa menambah wawasan pengetahuan mengenai sesuatu materi yang sedang kalian pelajari maupun kalian cari.

Dalam pelajaran "Bahasa Indonesia" juga kalian mempelajari berbagai macam bentuk format teks. Pembelajaran mengenai teks tersebut memiliki tujuan agar nantinya kalian trampil berpikir kritis dan kreatif serta mampu bertindak efektif menyelesaikan permasalahan di dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari.

Teks yang kalian pelajari dan kalian buat di pelajaran Bahasa Indonesia akan melatih kalian dalam memahami berbagai macam jenis teks tertentu serta juga melatih kalian dalam menulis tema tertentu. Jenis teks yang berbeda juga memiliki struktur teks yang berbeda juga. Selain ditentukan oleh tujuan dan fungsi teks, struktur teks dan bentuk bahasa sebuah teks juga ditentukan oleh latar belakang budaya yang mencerminkan cara berpikir. Taukah kalian apa itu pengertian dari latar belakang budaya?

Dengan memahai apa itu latar belakang budaya maka kita akan lebih mudah mendalami seluk-beluk teks. Pengertian dari latar belakang budaya atau biasa disebut juga dengan lingkungan budaya bisa dijelaskan dengan sederhana sebagai berikut:

Pada umumnya kita semua ini tinggal di sebuah lingkungan, yaitu tempat dan segala sesuatu yang berada di sekitar kita baik itu benda mati maupun makhluk hidup. Lingkungan amat luas, tetapi kita dapat mengidentifikasinya melalui tempat-tempat yang kita diami atau singgahi saat melakukan kegiatan.

Setiap tempat itu disertai oleh situasi yang melingkupinya. Tempat tersebut merupakan lingkungan fisik, sedangkan situasi yang melatarbelakanginya merupakan lingkungan budaya. Sebagai contoh kita mempunyai tempat tinggal dan hidup bersama Bapak, Ibu, serta sanak saudara yang lainnya. Lingkungan tersebut adalah lingkungan keluarga. Apabila berada di luar rumah, maka kita berada di lingkungan masyarakat. Sedangkan saat kita berada di sekolah, maka kita berada pada lingkungan sekolah.

Situasi yang ada disetiap lingkungan itu terkait erat dengan norma dan adat kebiasaan. Norma dan adat kebiasaan itu adalah nilai-nilai budaya. Dalam lingkungan seperti itulah kita menggunakan bahasa untuk berinteraksi dengan sesama. Bahasa yang terkait oleh norma budaya yang kita gunakan itu adalah teks, sedangkan lingkungan beserta situasinya tersebut adalah konteks.

Jadi bahasa selalu terungkap sebagai teks dalam konteks. Teks tidak harus disampaikan secara tertulis tetapi teks dapat juga disampaikan secara lisan. Selain itu, kualitas teks tidak diukur dari jumlah kalimat atau halaman apabila ditulis dan lama tidaknya penuturan apa bila diucapkan. Akan tetapi dari manfaat makna yang diungkapkan dan konteks yang melingkupinya.

Setiap kali terjadi interaksi, pada saat itu juga tercipta teks. Melalui teks, orang tidak hanya berinteraksi, tetapi juga bertindak. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat melepaskan diri dari fungsi teks. 

Untuk membuat teh, menjalankan mesin cuci, atau memasak mie siap saji, kalian menggunakan dan menerapkan fungsi manfaat teks prosedur kompleks.
Untuk membuat teh, menjalankan mesin cuci, atau memasak mie siap saji, kalian menggunakan dan menerapkan fungsi manfaat teks prosedur kompleks.

Sedangkan untuk menyampaikan hasil observasi terhadap sesuatu yang ada di sekitar kita, kalian menggunakan teks laporan. Untuk menyampaikan gagasan dan diterima oleh pihak lain, kalian menggunakan teks eksposisi. Sedangkan untuk mencapai kesepakatan, kalian menggunakan fungsi teks negosiai. Ada juga jenis manfaat format teks yang digunakan untuk mengkritik dan menyindir pihak lain dan biasa di sebut jenis teks anekdot. Singkat kata, untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan kita semua menggunakan teks.

Pada kenyataanya jenis teks yang telah disebutkan tersebut tidak muncul secara murni atau tidak hanya menggunakan satu jenis teks. Pada saat yang bersamaan, orang menggunakan berbagai manfaat jenis teks sekaligus. Teks tersebut dapat berwujud pergantian dari jenis teks yang satu ke jenis teks yang lain dan dapat juga berwujud campuran beberapa jenis teks dalam satu kesatuan ungkapan.

Sebagai contoh, pada saat bapak ibu guru mengajar di depan kelas, maka tidak akan menggunakan satu jenis teks tunggal saja dari awal sampai akhir. Meskipun menyajikan satu tema, pasti mereka menggunakan campuran dari beberapa jenis teks. Contoh manfaat lain adalah teks editorial atau tajuk rencana dalam media massa. Pada format teks itu mungkin digunakan campuran teks laporan, teks deksripsi, teks eksplanasi, teks eksposisi dan sebagainya.

Komentar