Pengertian Pemasaran Adalah?

Inti pemikiran pemasaran dan pengertian praktik pemasaran modern adalah memahami, menciptakan, mengkomunikasikan, & memberikan nilai serta kepuasan kepada konsumen. Oleh karena itu, pengertian singkat pemasaran adalah proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan laba. 

Terdapat dua sasaran utama pemasaran dari pengertian tersebut, yaitu :

  1. Target pemasaran untuk menarik konsumen baru dengan menjanjikan nilai yang unggul.
  2. Target pemasaran untuk mempertahankan konsumen saat ini dengan memberikan kepuasan. 

Banyak orang yang salah mengartikan pengertian dari pemasaran adalah penjualan. Hal ini dapat dimaklumi karena yang paling nampak dalam pemasaran adalah kegiatan penjualan meskipun penjualan hanya merupakan bagian dari pemasaran.
Banyak orang yang salah mengartikan pengertian dari pemasaran adalah penjualan. Hal ini dapat dimaklumi karena yang paling nampak dalam pemasaran adalah kegiatan penjualan meskipun penjualan hanya merupakan bagian dari pemasaran. 

Perbedaan Penjualan & Pemasaran adalah ...

Penjualan berbeda dengan pemasaran karena penjualan terjadi setelah produk diciptakan, sementara pemasaran dimulai jauh sebelum perusahaan memiliki produk.  

Banyak pengertian pemasaran, akan tetapi dalam pembahasan topik pemasaran plengdut.com kali ini, pemasaran didefinisikan sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu & kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.  

Pengertian pemasaran tersebut diturunkan berdasarkan konsep kebutuhan, keinginan & permintaan, produk, nilai, biaya, kepuasan, pertukaran, transaksi, hubungan, pasar, serta pemasaran dan pemasar. Sedangkan pengertian permintaan, pengertian keinginan, produk, nilai & pengertian konsep-konsep kebutuhan tersebut akan plengdut ulas pada postingan berikutnya.

Komentar