Pengertian Demokrasi Secara Etimologis dan Pengertian Demokrasi Para Tokoh

Etimologis & Konsep Etimologis Demokrasi

Jika berbicara tentang etimologi / etimologis berarti pengertian pokok pembahasan etimologis lebih ditujukan pada akar istilah maupun asal kata-kata tersebut. Secara etimologis, demokrasi adalah istilah berasal dari Bahasa Yunani yaitu demokratia. Sebutan tersebut secara mendasar terdiri atas 2 etimologis kata, yaitu:
  • Demos adalah kekuasaan
  • Kratos adalah rakyat

Apabila pengertian etimologis keduanya digabungkan, maka pengertian etimologis demokrasi adalah kekuasaan dimana berasal dari rakyat dan untuk rakyat. Sehingga negara demokrasi pengertian maknanya adalah kedaulatan tertinggi suatu negara berada di tangan rakyatnya. Berarti rakyat mempunyai hak, memiliki suara maupun kesempatan sama dalam mengatur kebijakan pemerintah.

Pengertian Pemerintahan Demokrasi:

Pemerintahan demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana seluruh warganya tanpa membedakan tingkat pendidikan, agama, juga jenis kelamin mempunyai hak setara dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Warga negara diizinkan ikut serta berpartisipasi dalam demokrasi, baik itu dalam perumusan, pengembangan & pembuatan hukum, secara langsung maupun melalui perwakilan.

Pengertian Demokrasi Para Tokoh

Berikut beberapa tokoh mendefinisikannya:

No
Tokoh
Pengertian Demokrasi
1
Abraham Lincoln
Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.
2
John L. Esposito
Pengertian demokrasi pada dasarnya adalah kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja Lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif maupun yudikatif.
3
Sidney Hook
Demokrasi adalah pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan dengan bebas dari rakyat dewasa.

Plengdut Info:
  • Etimologis : ilmu asal usul kata.
  • 2 Jenis Demokrasi:
  1. Demokrasi langsung adalah semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan.
  2. Demokrasi perwakilan adalah hak poilitik rakyat dijalankan secara tidak langsung namun melalui perwakilan yang ditunjuk.
Cleisthenes (508-507 SM) adalah tokoh Bapak Demokrasi Athena
Cleisthenes (508-507 SM) adalah tokoh Bapak Demokrasi Athena