Jantung Amfibi: Nama 3 Ruang Jantung Pada Amfibi

Sebutkan 3 ruangan yang terdapat pada jantung amfibi?

Amfibi memiliki 3 ruangan jantung dimana masing-masing ruang jantung tersebut memiliki nama yaitu:

  1. Atrium kiri
  2. Ruang Atrium kanan
  3. Ruang Ventrikel

Perjalanan Darah di Jantung Amfibi melalui Atrium - Ventrikel

Gambar jantung amfibi, proses darah masuk Atrium (Atria) dan Ventrikel (EN: Ventricle) Amfibi.
Gambar jantung amfibi, proses darah masuk Atrium (Atria) dan Ventrikel (EN: Ventricle) Amfibi.

Dari masing-masing ruang jantung tadi, sesuai nama, semuanya memiliki fungsi berbeda dalam menjalankan tugasnya terutama dalam proses peredaran darah. 

  • Umumnya, darah terdeoksigenasi akan masuk jantung Atrium kanan dari berbagai organ tubuh melalui vena (pembuluh darah).
  • Darah beroksigen dari paru-paru dan kulit akan masuk Atrium kiri jantung. Baik kulit maupun paru-paru adalah organ yang berfungsi menjadi organ pertukaran gas di sebagian besar amfibi.
  • Darah terdeoksigenasi serta teroksigenasi akan dicampur dalam Ventrikel sebelum dipompa keluar dari jantung. Amfibi mempunyai metabolisme yang lebih rendah sehingga amfibi membutuhkan lebih sedikit oksigen, berbeda dengan mamalia dimana lebih banyak butuh darah kaya oksigen.

Kesimpulan 

Jadi jantung dengan tiga kamar sangat ideal (cocok) untuk kebutuhan amfibi yang juga bisa menyerap oksigen melalui kulit mereka ketika lembab. Jantung mamalia dan jantung burung, bagaimanapun, memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi sehingga harus memiliki cara untuk memberikan lebih banyak oksigen per liter darah ke tubuh daripada darah amfibi.