Apa Karakteristik Aritmia?

Sebelum plengdut.com membahas karakteristik Aritmia , ada baiknya kita ketahui dlu apa itu Aritmia dan apa penyebabnya?    Aritmia adalah suatu kondisi dimana jantung mengalami gangguan irama detak akibat impuls elektrik jantung yang tidak bekerja dengan baik. Terdapat 2 macam Aritmia, pertama adalah Aritmia takikardia dimana gejala detak jantung melebihi detak normal (lebih cepat) dan kedua adalah Aritmia bradikardia dimana kondisi detak jantung lemah, lambat dibanding kondisi normal.
Sebelum plengdut.com membahas karakteristik Aritmia , ada baiknya kita ketahui dlu apa itu Aritmia dan apa penyebabnya?

Aritmia adalah suatu kondisi dimana jantung mengalami gangguan irama detak akibat impuls elektrik jantung yang tidak bekerja dengan baik. Terdapat 2 macam Aritmia, pertama adalah Aritmia takikardia dimana gejala detak jantung melebihi detak normal (lebih cepat) dan kedua adalah Aritmia bradikardia dimana kondisi detak jantung lemah, lambat dibanding kondisi normal.

Karakteristik (Ciri Ciri) Aritmia

Aritmia membutuhkan diagnosis medis untuk mengetahui gejala Aritmia atau ciri ciri Aritmia. Namun ada gejala gejala umum yang kerap kali dirasakan penderita Aritmia, yaitu:
  1. Dada berdebar (kepak).
  2. Nyeri dada.
  3. Pusing.
  4. Sesak napas.
  5. Hingga pingsan.

Periksalah ke dokter untuk memastikan kondisi gejala Anda apakah Aritmia atau bukan Aritmia.

Perawatan Aritmia 

Perawatan Aritmia bervariasi bergantung pada tingkat parah tidaknya gejala Aritmia, jika diperlukan, perawatan termasuk obat antiaritmia, prosedur medis, alat implan dan operasi. Obat-obatan Antiaritmia membantu mengendalikan irama jantung yang abnormal atau tidak teratur.

Perangkat Medis Aritmia

Prosedur medis Aritmia akut menggunakan Kardioversi adalah menggunakan kejutan listrik untuk mengembalikan irama jantung normal pada orang dengan detak tidak teratur.

Ablasi frekuensi radio

Penghapusan jaringan menggunakan panas dari arus listrik yang dihasilkan oleh gelombang radio.

Alat pacu jantung

Adalah perangkat kecil ditempatkan di dada atau perut yang mengirimkan sinyal listrik untuk menjaga jantung berdetak secara normal.

Defibrillator kardioverter implan

Adalah sebuah alat kecil ditempatkan di dada atau perut yang mengejutkan jantung jika itu mengembangkan detak jantung yang tidak teratur dan berbahaya.

Perawatan Medis suport

Alat pemantauan jantung

Menggunakan perangkat elektronik untuk memantau detak jantung dan ritme terhadap Aritmia. Dapat dilakukan di rumah sakit atau di rumah.

Periksakan dan Konsultasikan Kodisi Anda Pada Tenaga Spesialis:

  1. Ahli jantung: Spesialisasi dalam gangguan jantung.
  2. Dokter Umum (GP): Mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit.
  3. Dokter Pengobatan Darurat: Merawat pasien di gawat darurat (jika keadaan Aritmia darurat).