Norovirus Penyebab 2 Sekolah Ditutup, Apa Pengertian Norovirus?


Norovirus adalah jenis virus penyebab diare dan muntah dengan resiko menular cukup tinggi sehingga penyebarannya juga cepat dan umumnya terjadi saat musim dingin tiba & semua orang bisa terinfeksi Norovirus baik anak-anak maupun dewasa. Norovirus menular melalui kontak langsung dengan penderita terinfeksi atau bisa juga melalui air dan makanan yang terkontaminasi Norovirus.

Apa Ciri Ciri dan Gejala Terpapar Norovirus?

Sesorang yang telah terpapar oleh Norovirus akan mengalami gejala gejala atau ciri (karakteristik) seperti:
  • Sakit perut.
  • Muntah-muntah.
  • Diare.
  • Sakit kepala.
  • Demam.
  • Dehidrasi, adalah kekurangan cairan tubuh, lemas.

Gejala gejala (ciri) tersebut terjadi selama 12 jam sampai 48 jam sejak pertama kali terinfeksi Norovirus. Norovirus akan hilang dengan sendirinya setelah 1-3 hari, namun tetap disarankan untuk memeriksakan kondisi pasien ke tenaga medis. Apabila dalam kurun waktu tersebut masih belum pulih, maka wajib membawa penderita ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.
Info Plengdut.com:
Tahukah teman-teman, CDC adalah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa Norovirus tiap-tiap tahun menjangkit 19-21 juta penderita Norovirus dengan 56.000-71.000 harus di rawat inap serta 570-800 penderita meninggal dunia.

Pencegahan Awal Norovirus

Karena Norovirus sangat mudah menular, maka pencegahan awal Norovirus diantaranya:
  1. Rajin mencuci tangan hingga sela-sela jari.
  2. Bersihkan seluruh peralatan makan dan minum.
  3. Bersihkan benda-benda yang sering disentuh orang banyak, contohnya seperti gagang pintu, keyboard komputer dll.
  4. Selalu bawa disinfektan untuk membersihkan tangan sewaktu-waktu dimanapun berada. Contoh disinfektan adalah seperti alkohol 70% atau hand santizer (pembersih tangan).
  5. Masak makanan hingga mendidih sempurna agar kuman mati, hindari makanan setengah matang.
  6. Hindari kontak langsung dengan penderita.

Contoh Wabah Norovirus

Wabah Norovirus November 2019 adalah terjadi di England tepatnya  dua sekolah di Jarrow dan Stockton di tutup di tengah wabah norovirus. Kedua sekolah tersebut ditutup 2 hari, dikarenakan murid-murid serta ratusan staff sekolah mengalami muntah juga diare sehingga sekolah diliburkan dan dibersihkan (disterilkan).    Pernyataan yang dikeluarkan oleh sekolah adalah mereka akan dibuka kembali pada hari Senin. Seorang juru bicara Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan: "Siapa pun yang mengalami diare dan muntah harus menjauh dari pekerjaan atau sekolah sampai mereka bebas dari gejala selama 48 jam.    "Setiap orang harus didorong untuk mempraktikkan apa kebersihan tangan yang baik dan mencuci tangan secara menyeluruh dan teratur setiap saat, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan."

Wabah Norovirus November 2019 adalah terjadi di England tepatnya  dua sekolah di Jarrow dan Stockton di tutup di tengah wabah norovirus. Kedua sekolah tersebut ditutup 2 hari, dikarenakan murid-murid serta ratusan staff sekolah mengalami muntah juga diare sehingga sekolah diliburkan dan dibersihkan (disterilkan).

Pernyataan yang dikeluarkan oleh sekolah adalah mereka akan dibuka kembali pada hari Senin. Seorang juru bicara Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan: "Siapa pun yang mengalami diare dan muntah harus menjauh dari pekerjaan atau sekolah sampai mereka bebas dari gejala selama 48 jam.

"Setiap orang harus didorong untuk mempraktikkan apa kebersihan tangan yang baik dan mencuci tangan secara menyeluruh dan teratur setiap saat, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan."