Sebutkan Apa Konsep Negara Ideal Menurut N. Machiavelli?

N. Machiavelli (1469-1527)   Terkenal dengan bukunya II Principe (Pangeran) yang menganalisa apa & bagaimana mempertahankan kekuasaan. Untuk pertama kalinya politik dipisahkan dari moral, sehingga terjadi suatu pendekatan yang mekanis terhadap masyarakat yang terpengaruh ajaran Machiavelli, antara lain suatu ajaran bahwa teori-teori politik dan sosial memusatkan perhatian pada mekanisme pemerintah.

N. Machiavelli (1469-1527) 

Terkenal dengan bukunya II Principe (Pangeran) yang menganalisa apa & bagaimana mempertahankan kekuasaan. Untuk pertama kalinya politik dipisahkan dari moral, sehingga terjadi suatu pendekatan yang mekanis terhadap masyarakat yang terpengaruh ajaran Machiavelli, antara lain suatu ajaran bahwa teori-teori politik dan sosial memusatkan perhatian pada mekanisme pemerintah.


Apa Konsep Negara Ideal Menurut N. Machiavelli?

Machiavelli muncul dengan teorinya Macht Politiek (Politik Kekuasaan Praktis), di mana konsep Machiavelli untuk mencapai tujuan dihalalkan segala macam cara apa pun, tanpa mengingat keadaan hukum. Pikiran Machiavelli ini menimbulkan gerakan untuk mencapai negara nasional, yang memungkinkan terlaksana dengan baik, sekiranya negara dipisahkan dengan gereja. 

Perlu kita ketahui bahwa ketika Machiavelli menjadi sekretaris negara Florence, Machiavelli menghadapi kenyataan bahwa Italia terpecah-pecah dalam negara kecil-kecil yang satu dengan lain saling berperang dan jauh dari kata ideal. Persatuan Italia mendapat tantangan dari pihak gereja. Machiavelli mendambakan persatuan ideal bagi Italia menjadi negara Nasional. 

Buku II Principe (Pangeran) ditulisnya dalam masa pembuangan (1519). Pemikiran Machiavelli ini bukan menciptakan keadaan ideal namun malah melahirkan diktator-diktator baru, sebut saja Hitler dan Mussolini yang menganut pemikiran ini dalam Perang Dunia Kedua.

Chit Q&A