Sebutkan Apa Negara Ideal Menurut Socrates?

Socrates (469-399 S.M)   Socrates adalah seorang filsuf Yunani klasik, juga dikenal sebagai salah satu pendiri filsafat Barat maupun filsuf moral pertama dari tradisi pemikiran etis barat.  Socrates memiliki cara berpikir dialektis dimana pemikiran Socrates mengandung unsur-unsur:  a. These -  Negara Tuhan  b.    Autithese  -  Negara Alam  c.    Synthese  - Manusia yang memenuhi dunia abadi (Tuhan) dan dunia alam.

Socrates (469-399 S.M) 

Socrates adalah seorang filsuf Yunani klasik, juga dikenal sebagai salah satu pendiri filsafat Barat maupun filsuf moral pertama dari tradisi pemikiran etis barat.

Socrates memiliki cara berpikir dialektis dimana pemikiran Socrates mengandung unsur-unsur:

  1. These: Negara Tuhan
  2. Autithese: Negara Alam
  3. Synthese: Manusia yang memenuhi dunia abadi (Tuhan) dan dunia alam.

Menurut Socrates apa yang dimaksud sanksi kaidah agama jauh lebih dalam & ideal dari pada apa kaidah hukum. Kaidah hukum baru mendapatkan sanksinya setelah ada pembuktian (ada bukti-buktinya yang nyata) sedangkan kaidah-kaidah agama tidak perlu ada bukti-bukti, cukup diri sendiri. 

Apa Negara Ideal Menurut Socrates?

Tegasnya menurut Socrates negara ideal atau masyarakat ideal itu lebih dikendalikan oleh kaidah-kaidah agama dari pada kaidah-kaidah hukum.