Jaringan saraf terdiri dari jutaan sel saraf yang disebut neuron

Jaringan saraf terdiri dari jutaan sel saraf yang disebut neuron. Neuron adalah sel di mana sangat khusus yang mengontrol dan mengoordinasikan aktivitas tubuh dan membentuk sistem di mana disebut sistem saraf. Sistem saraf terdiri dari tiga jenis seperti CNS, PNS dan ANS. Sel-sel saraf berasal dari ektoderm embrionik. Sistem saraf terdiri dari dua jenis sel seperti neuron dan neuroglia. Neuron membentuk unit struktural dan fungsional sistem saraf. Neuroglia membentuk jaringan ikat sistem saraf yang melakukan dukungan dan perlindungan. Sel-sel saraf tidak membelah. Tidak ada pembelahan untuk neuron setelah lahir. Kekuatan regenerasi yang paling sedikit ditemukan pada neuron.

Tubuh sel Tubuh sel neuron disebut cyton atau soma atau perikaryon. Tubuh sel terdiri dari nukleus sentral besar dengan sitoplasma granular. Dalam sitoplasma, ada kehadiran mitokondria, golgibody, retikulum endoplasma kasar dan neurofibril. Sitoplasma juga terdiri dari titik-titik atau butiran seperti struktur yang disebut butiran Nissl atau butiran trigoid. Butiran Nissl kaya akan RNA dan berkaitan dengan sintesis protein.

Dendrit

Dendrit adalah ekstensi sitoplasma tubuh sel yang sangat bercabang. Dendrite membantu untuk melakukan impuls terhadap tubuh sel. Dendrit adalah proses aferen karena membawa impuls saraf ke cyton.
Dendrit adalah ekstensi sitoplasma tubuh sel yang sangat bercabang. Dendrite membantu untuk melakukan impuls terhadap tubuh sel. Dendrit adalah proses aferen karena membawa impuls saraf ke cyton.

Akson 

Akson adalah empat proses di mana lebih panjang dan bercabang secara distal menjadi banyak filamen halus yang disebut telodendria. Ujung telodendria di mana ujungnya disebut ujung bohlam, terminal akson atau bulton. Ini secara langsung berasal dari sel tubuh sebagai pembengkakan kerucut kecil seperti struktur yang disebut axon hillock. Sitoplasma suatu akson disebut axoplasma dan dikelilingi oleh selaput plasma di mana disebut axolemma. Ini adalah proses eferen karena melakukan impuls dari sel tubuh ke neuron atau jaringan lain. Butiran Nissl tidak ada di akson dan bukit. akson atau dendrit neuron yang diperpanjang disebut serat saraf. Itu sifatnya eferen. Impuls saraf ditransmisikan dari ujung terminal akson ke dendrit dengan bantuan bahan kimia yang disebut neurotransmiter yang adrenalin dan asetilkolin.

Jenis Akson

Dua jenis akson adalah Myelinated dan Unmyelianted.

Mielin

Serat myelinated atau medullated atau putih surriunded oleh penutup phospsolipid yang disebut selubung myeline. Selubung mielin diproduksi oleh sel-sel yang diratakan yang disebut sel Schwann. Ini ditemukan dalam materi putih otak dan sumsum tulang belakang. Konduksi impuls lebih cepat pada serat mielin. itu berfungsi sebagai bahan yang menghina. Ini menyebabkan konduksi impuls asin.

Unmyelianted

Serabut saraf tanpa selubung mielin disebut unmyelinated atau non-myelinated.

Tidak ada simpul ranvier. Sel-sel Schwann yang ada di sekitar akson tidak mengeluarkan selubung mielin pada membran terluar yang disebut neurilemma. Umumnya ditemukan dalam tubuh invertebrata. Pada vertebrata, ditemukan dalam ANS.

Jenis Neuron

Neuron diklasifikasikan berdasarkan jumlah dan sifat prosesnya. Ada empat jenis yaitu:  neuron unpolar neuron unipolar neuron bipolar neuron multipolar
Neuron diklasifikasikan berdasarkan jumlah dan sifat prosesnya. Ada empat jenis yaitu:
  1. neuron unpolar
  2. neuron unipolar
  3. neuron bipolar
  4. neuron multipolar

Neuron unpolar

Tanpa akson otak dan dendrit neuron. Neuron sangat primitif dan bentuknya tidak pernah bersih seperti struktur yang disebut sistem saraf non-polar atau unpolar, mis. coelenterata.

Neuron unipolar

Neuron unipolar hanya memiliki satu proses memanjang dari tubuh sel seperti yang ditemukan pada embrio dan ganglia akar duri vertebrata dewasa. itu terutama ditemukan di sistem saraf perifer.

Neuron bipolar

Mereka memiliki dua proses yang keluar dari tubuh sel seperti dendrit dan akson. Mereka ditemukan di retina mata, epitel penciuman dan telinga bagian dalam.

Neuron multipolar

Mereka memiliki banyak proses yang keluar dari tubuh sel seperti beberapa dendrit dan satu akson. Ini adalah jenis neuron yang paling umum di otak dan sumsum tulang belakang.