Detritivore; Sistem Makan Coprophagy, Pengertian, Beda Decomposer dan Detritivore


Pengertian Detritivore

Detritivore adalah hewan yang memakan bahan organik mati, terutama tanaman detritus. Contoh detritivore adalah cacing tanah, Calliphoridae(jenis lalat hijau pemakan sisa-sisa materi organik), belatung, dan kutu kayu. Detritivore memainkan peran penting dalam pemecahan bahan organik dari pembusukan hewan maupun tumbuhan.

Detritivora adalah sebutan bagi jenis hewan-hewan detritivore ini. Sedangkan detritus adalah sisa organik dari tanaman maupun binatang yang telah mati. Selain itu detritivore mampu mendapatkan nutrisi dengan cara coprophagy.

Coprophagy Sistem Detritivore 

Coprophagy adalah sistem pencarian nutrisi dengan cara memakan (konsumsi) bahan buangan termasuk feses yang dikeluarkan organisme lain. Contoh sistem makan Coprophagy Detritivore sering kita temui pada lalat yang berkerumun pada kotoran hewan. Sementara Detritivore di ekosistem laut, Coprophagy biasa dilakukan oleh kepiting, lobster, tripang, dan bintang laut. 

Umumnya organisme detritivore laut tadi menempati daerah ceruk dasar perairan atau dikenal dengan istilah daerah benthos. Pemilihan benthos sebagai tempat tinggal organisme detritivore laut tersebut bukanlah tanpa alasan, ditempat ini Detritivore bisa mendapatkan nutrisi untuk kebutuhan energi mereka melalui penyaringan detritus organik yang terapung dan melayang di air.

Detritivore Lobster mencari makanan dengan cara Coprophagy
Detritivore Lobster mencari makanan dengan cara Coprophagy

Detritivore dan Decomposer

Detritivore dan decomposer (id: dekomposer) sangat berkaitan erat, tetapi perlu kalian ketahui bahwa keduanya berbeda. Decomposer merupakan pengurai sejati dimana melibatkan jamur, protista maupun bakteri dengan penyerapan nutrisi menggunakan pencernaan ekstraseluler dan bukan dengan cara konsumsi melalui mulut (oral konsumsi) seperti detritivore. Decomposer merupakan pengurai yang memberi makanan dalam skala besar untuk para Detritivore. Namun satu hal yang sama dari decomposer dan detritivore adalah sama-sama memperoleh nutrisi dari bangkai dan kotoran. 

Fungsi Detritivore

Detritivora dan pengurai berkontribusi pada penguraian semua materi yang mati dan membusuk di ekosistem apa pun. Dengan cara ini mereka memainkan peran penting dalam siklus nutrisi dan merupakan bagian penting dari sebagian besar siklus biogeokimia, seperti siklus karbon, siklus nitrogen, dan siklus fosfor. Detritivora memakan bahan dari produsen primer serta herbivora dan karnivora, dan dengan demikian ada di semua tingkat trofik dalam suatu ekosistem. Selain mengkonsumsi energi dari organisme lain, detritivora biasanya dimakan oleh konsumen sekunder, dan karena itu Detritivore merupakan komponen integral dari siklus energi ekosistem.

Tidak hanya proses daur ulang merupakan bagian penting dari penguraian, pelenyapan bahan mati juga penting untuk menghentikan penyebaran penyakit. Selain itu, detritivora yang hidup di dalam tanah, contoh cacing tanah, dapat mencampur tanah dengan gerakan mereka dan membuat rongga tanah terisi udara yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

Komentar