Kegiatan Pasar Modal, Investasi, Investor dan Lembaga Terkait

Pasar modal merupakan tempat bertemunya permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi berbagai instrumen keuangan jangka panjang (lebih dari satu tahun). Instrumen keuangan dalam jangka pendek dapat ditemukan di pasar uang.

Lembaga penunjang pasar modal membantu proses kelancaran kegiatan di pasar modal. Lembaga penunjang pasar modal terdiri atas Biro Administrasi Efek (BAE), kustodian, wali amanat, dan pemeringkat efek. Bursa efek, manajer investasi, serta lembaga kliring dan penjaminan merupakan pelaku utama dalam kegiatan di pasar bursa.
Lembaga penunjang pasar modal membantu proses kelancaran kegiatan di pasar modal. Lembaga penunjang pasar modal terdiri atas Biro Administrasi Efek (BAE), kustodian, wali amanat, dan pemeringkat efek. Bursa efek, manajer investasi, serta lembaga kliring dan penjaminan merupakan pelaku utama dalam kegiatan di pasar bursa.


Akuntan merupakan salah satu profesi penunjang pasar modal yang bertugas memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan emiten dan perusahaan efek sesuai dengan prinsip akuntansi. Investor dan manajer investasi merupakan pelaku dalam pasar modal. Wali amanat dan kustodian merupakan lembaga penunjang pasar modal.

Notaris termasuk profesi penunjang pasar modal. Dalam kegiatan di pasar modal, notaris dibutuhkan untuk membuat akta anggaran dasar dan akta perubahan anggaran dasar suatu perusahaan investasi.

Pasar modal & Investor

Pasar modal bermanfaat bagi para pemilik modal atau investor untuk melakukan investasi. Seperti investasi pada bidang lain, investasi pada pasar modal juga memiliki risiko sehingga diperlukan pengetahuan dan analisis yang tepat. Berinvestasi di pasar modal memiliki risiko yang cukup tinggi sehingga investor perlu memiliki pengetahuan pasar yang cukup.

Perantara pedagang efek / Broker

Perantara pedagang efek disebut juga pialang atau broker. Pialang memberikan informasi mengenai emiten dan melakukan penjualan surat berharga kepada para investor. Wali amanat merupakan wali dari investor yang bertugas memberi nasihat kepada investor mengenai kemampuan emiten. Penjamin emisi (underwriter) merupakan lembaga yang menjamin terjualnya saham/obligasi sampai batas waktu tertentu. Appraiser/penilai adalah profesi penunjang pasar modal yang memberikan jasa penilaian atas aset perusahaan.

Plengdut.com Note:

  1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tugas pembinaan, pengaturan, dan pengawasan terhadap kegiatan di pasar modal. Pengawasan dilakukan OJK agar proses seluruh kegiatan yang ada dalam pasar modal dapat berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. 
  2. Bursa efek merupakan pihak yang menyelenggarakan kegiatan jual beli efek. 
  3. Penasihat efek memiliki tugas antara lain memberi nasihat kepada pihak lain, melakukan riset, membuat rekomendasi, serta memberikan analisis tentang efek. 
  4. Biro administrasi efek merupakan pihak yang melakukan kontrak dengan emiten untuk melaksanakan pencatatan kepemilikan dan pembagian yang berkaitan dengan efek. 
  5. Lembaga kliring dan penjamin (LKP) adalah pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa.

Tingkat Investasi & Suku Bunga

Terdapat hubungan terbalik/negatif antara tingkat suku bunga dengan tingkat investasi di pasar modal. Menurut Keynes, jika suku bunga rendah masyarakat akan lebih memilih berspekulasi dengan berinvestasi di pasar modal walaupun dengan risiko yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika suku bunga tinggi, masyarakat akan lebih senang menabung di bank dengan risiko yang lebih kecil. Dengan demikian, investasi di pasar modal akan meningkat jika tingkat suku bunga bank rendah.

Manfaat pasar modal bagi emiten antara lain: 
  • sebagai tempat memperoleh tambahan modal usaha, 
  • membiayai kegiatan operasional perusahaan, 
  • meningkatkan kapasitas produksi, 
  • dan mengurangi ketergantungan pinjaman dari pihak bank. 
Pasar modal bukan tempat memasarkan barang dan/atau jasa melainkan tempat yang memfasilitasi permintaan dan penawaran modal.

Komentar