Pendapatan Nasional, Indikator, Manfaat, & Faktor Penentu

Pendapatan Nasional Sebagai Indikator

Pendapatan nasional merupakan indikator kemajuan atau kemunduran perekonomian negara dari tahun ke tahun. Semakin tinggi pendapatan nasional, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi negara. Semakin rendah pendapatan nasional, semakin rendah pula pertumbuhan ekonomi suatu negara. Artinya, negara tersebut mengalami kemunduran secara ekonomi.

Manfaat Mempelajari Pendapatan Nasional

Salah satu manfaat mempelajari pendapatan nasional adalah menilai perbandingan perekonomian antardaerah atau antarnegara. Apabila penentuan kemakmuran suatu negara hanya dilihat dari perbandingan perekonomian antardaerah atau antarnegara akan memberikan hasil kurang optimal. Untuk membandingkan perekonomian antarnegara yang dilihat adalah pendapatan per kapita dan jumlah penduduk.

Pendapatan nasional memiliki manfaat antara lain 
  1. membandingkan perekonomian suatu negara dari waktu ke waktu; 
  2. manfaat untuk menilai prestasi ekonomi suatu bangsa; merumuskan kebijakan pemerintah; 
  3. mengetahui atau menelaah susunan atau struktur perekonomian suatu bangsa; 
  4. membandingkan perekonomian antardaerah atau antarnegara; 
  5. serta manfaat mengetahui pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita.
Data yang diperoleh dari pendapatan nasional digunakan pemerintah untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Informasi tentang pertumbuhan ekonomi yang diperoleh memiliki manfaat akan digunakan untuk merumuskan kebijakan yang sesuai perekonomian negara tersebut.

Faktor Naik Turun Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan yang dipengaruhi beberapa faktor. 
  • Pertama, faktor kondisi tersebut disebabkan oleh konsumsi dan tabungan masyarakat. Konsumsi merupakan penghasilan masyarakat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tabungan merupakan bagian pendapatan yang tidak dikonsumsi. 
  • Kedua, faktor investasi yang dilakukan masyarakat dalam negeri maupun masyarakat luar negeri. Peningkatan investasi dalam negeri akan meningkatkan pendapatan nasional. 
  • Ketiga, peningkatan keseluruhan aggregate demand dan aggregate supply yang berpengaruh pada perputaran uang dalam masyarakat secara cepat.
Semakin tinggi pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi di suatu negara, semakin tinggi pendapatan negaranya. Pendapatan nasional bukan satu-satunya tolok ukur keberhasilan ekonomi suatu negara. Akan tetapi, keberhasilan ekonomi dapat dilihat dari ketersediaan lapangan kerja, kestabilan politik dan ekonomi, serta posisi neraca perdagangan internasional.

Informasi yang diperoleh dari membandingkan perekonomian negara dari waktu ke waktu yaitu ada tidaknya kenaikan dan penurunan aktivitas perekonomian; bertambah atau berkurangnya kemakmuran materiel; kenaikan atau penurunan pendapatan per kapita berdasarkan jumlah penduduk; serta berambah atau berkurangnya jumlah dan jenis lapangan kerja.

Jika aggregate demand naik, permintaan barang dan/atau jasa dari masyarakat meningkat. Keadaan tersebut membuat produsen menaikkan produksi barang dan jasa. Kenaikan produksi barang dan jasa akan menaikkan aggregate supply. Kenaikan aggregate demand dan aggregate supply dapat meningkatkan pendapatan negara.
Jika aggregate demand naik, permintaan barang dan/atau jasa dari masyarakat meningkat. Keadaan tersebut membuat produsen menaikkan produksi barang dan jasa. Kenaikan produksi barang dan jasa akan menaikkan aggregate supply. Kenaikan aggregate demand dan aggregate supply dapat meningkatkan pendapatan negara.

Kelemahan Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional memiliki kelemahan, salah satunya hanya menghitung kapasitas produksi tanpa mencari tingkat pemerataan pendapatan. Pendapatan nasional yang tinggi tidak selalu menunjukkan pemerataan distribusi pendapatan. Sebagian besar pendapatan tersebut diperoleh dari daerah atau kelompok penduduk tertentu. Sementara itu, kelompok penduduk lain tidak memiliki pendapatan yang sebanding.

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan diharapkan dapat memberikan informasi ada terbesar negara. Pajak yang dibayarkan dapat meningkatkan pendapatan negara. Pendapatan negara bermanfaat untuk menentukan kebijakan yang dapat diambil pemerintah. Kebijakan tersebut dapat berupa mengimbau masyarakat taat membayar pajak.

Komentar