Pengguna Akuntansi Dalam Informasi Bisnis

Peran akuntansi

Peran akuntansi dalam bisnis adalah menyediakan informasi bagi para manajer untuk digunakan dalam mengoperasikan bisnis. Selain itu, akuntansi memberikan informasi kepada pengguna lain dalam menilai kinerja ekonomi dan kondisi bisnis.

Dengan demikian, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan kepada pengguna tentang kegiatan ekonomi dan kondisi bisnis. Banyak anggapan bahwa akuntansi sebagai "bahasa bisnis." Ini karena akuntansi adalah cara informasi keuangan bisnis dikomunikasikan kepada pengguna info tersebut.

Proses dimana akuntansi memberikan informasi kepada pengguna adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi pengguna.
  2. Menilai kebutuhan informasi pengguna.
  3. Rancang sistem informasi akuntansi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
  4. Catat data ekonomi tentang kegiatan dan event bisnis.
  5. Mempersiapkan laporan akuntansi untuk pengguna.
Seperti diilustrasikan dalam Gambar proses akuntansi, pengguna informasi akuntansi dapat dibagi menjadi dua kelompok:  pengguna internal dan  pengguna eksternal.
Seperti diilustrasikan dalam Gambar proses akuntansi, pengguna informasi akuntansi dapat dibagi menjadi dua kelompok: 
  1. pengguna internal dan 
  2. pengguna eksternal.

Pengguna Akuntansi manajerial 

Pengguna internal informasi akuntansi termasuk manajer dan karyawan. Para pengguna pengguna ini terlibat langsung dalam mengelola bisnis dan mengoperasikan bisnis. Area akuntansi yang memberikan informasi kepada pengguna internal disebut akuntansi manajerial atau akuntansi manajemen.

Tujuan akuntansi manajerial adalah untuk memberikan informasi yang relevan dan tepat waktu untuk kebutuhan pengambilan keputusan manajer dan karyawan. Seringkali, informasi bisnis tersebut sensitif dan tidak didistribusikan di luar bisnis. Contoh informasi sensitif misalnya termasuk informasi tentang pelanggan, harga, dan rencana untuk memperluas bisnis. Akuntan manajerial yang dipekerjakan oleh bisnis dipekerjakan dalam lingkungan akuntansi pribadi.

Pengguna Akuntansi keuangan 

Pengguna eksternal informasi akuntansi termasuk investor, kreditor, pelanggan, dan pemerintah. Para pengguna ini tidak terlibat langsung dalam mengelola dan dalam mengoperasikan bisnis. Area akuntansi yang memberikan informasi kepada pengguna eksternal disebut akuntansi keuangan.

Tujuan akuntansi keuangan adalah untuk memberikan informasi yang relevan dan tepat waktu untuk kebutuhan pengambilan keputusan pengguna di luar bisnis. Misalnya, laporan keuangan tentang operasi dan kondisi bisnis berguna untuk bank dan kreditor lain dalam memutuskan apakah akan meminjamkan uang kepada bisnis tersebut. Laporan keuangan akuntansi tujuan umum adalah salah satu jenis laporan akuntansi keuangan yang didistribusikan kepada pengguna pengguna eksternal. Istilah tujuan umum mengacu pada berbagai kebutuhan pengambilan keputusan yang dirancang untuk dilayani oleh laporan akuntansi jenis ini.

Komentar