Apa itu Sundial?

Sundial atau lebih dikenal sebagai jam matahari adalah alat yang menggunakan matahari dan bayangannya untuk mengukur waktu sebelum jam analog dan jam digital ditemukan. 

Apa Saja Komponen Sundial? 

Sundial terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu: 
  1. Gnomon adalah plat batang bersudut yang berfungsi sebagai penanda waktu berupa bayangan matahari. 
  2. Dial Plate adalah bidang lempengan berbentuk lingkaran dimana terdapat angka-angka penunjuk waktu. Dial plate juga sebagai pondasi berdirinya gnomon dan jatuhnya bayangan. 

Sundial atau lebih dikenal sebagai jam matahari adalah alat yang menggunakan matahari dan bayangannya untuk mengukur waktu sebelum jam analog dan jam digital ditemukan.  Apa Saja Komponen Sundial?  Sundial terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu:  Gnomon adalah plat batang bersudut yang berfungsi sebagai penanda waktu berupa bayangan matahari.  Dial Plate adalah bidang lempengan berbentuk lingkaran dimana terdapat angka-angka penunjuk waktu. Dial plate juga sebagai pondasi berdirinya gnomon dan jatuhnya bayangan.  Cara Kerja Sundial  Cara kerja sundial yaitu denga memanfaatkan bayangan hasil sinar matahari.   Saat siang hari, matahari akan bergerak melintasi langit.  Pancaran cahaya matahari ini akan menghasilkan bayangan ketika mengenai gnomon.  Bayangan yang di tunjukkan gnomon diatas dial plate akan menunjuk pada angka-angka di dial plate dimana memiliki arti sebagai penunjuk waktu saat itu.  Kelebihan & Kelemahan Sundial  Kelebihan sundial yaitu tidak mudah rusak dan tanpa menggunakan baterai seperti penunjuk waktu (jam) saat ini. Tetapi alat ini juga memiliki banyak kekurangan (kelemahan).  Apa saja Kekurangan Sundial:  Karena bergantung pada cahaya matahari, maka di saat malam Sundial tidak dapat digunakan.  Saat hari hujan, mendung, langit berawan, atau langit tidak nampak cerah akan membuat sundial tidak bekerja dikarenakan tidak ada bayangan akibat cahaya matahari terhalang awan.  Sundial harus selalu digunakan menghadap utara agar tidak menunjukkan waktu bayangan salah (salah jam).  Sundial hanya dapat digunakan di luar ruangan sehingga sundial tidak berfungsi jika berada di dalam ruangan.

Cara Kerja Sundial 

Cara kerja sundial yaitu denga memanfaatkan bayangan hasil sinar matahari. 

  • Saat siang hari, matahari akan bergerak melintasi langit. 
  • Pancaran cahaya matahari ini akan menghasilkan bayangan ketika mengenai gnomon. 
  • Bayangan yang di tunjukkan gnomon diatas dial plate akan menunjuk pada angka-angka di dial plate dimana memiliki arti sebagai penunjuk waktu saat itu. 

Kelebihan & Kelemahan Sundial 

Kelebihan sundial yaitu tidak mudah rusak dan tanpa menggunakan baterai seperti penunjuk waktu (jam) saat ini. Tetapi alat ini juga memiliki banyak kekurangan (kelemahan). 

Apa saja Kekurangan Sundial: 

  1. Karena bergantung pada cahaya matahari, maka di saat malam Sundial tidak dapat digunakan. 
  2. Saat hari hujan, mendung, langit berawan, atau langit tidak nampak cerah akan membuat sundial tidak bekerja dikarenakan tidak ada bayangan akibat cahaya matahari terhalang awan
  3. Sundial harus selalu digunakan menghadap utara agar tidak menunjukkan waktu bayangan salah (salah jam). 
  4. Sundial hanya dapat digunakan di luar ruangan sehingga sundial tidak berfungsi jika berada di dalam ruangan.

Komentar