Infografis Gambar Struktur Bagian Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan 

Seperti hewan, tumbuhan terdiri dari triliunan unit kecil yang disebut sel. Sel tumbuhan mirip dengan sel hewan, tetapi memiliki struktur yang berbeda dan mengandung beberapa organel yang tidak terdapat pada sel hewan. 

Sel daun 

Seperti kebanyakan sel tumbuhan, sel daun memiliki dinding sel yang kaku yang mengelilingi sel dan mempertahankan bentuknya. Di dalam sel ada struktur berisi cairan besar yang disebut vakuola. 

Info Gambar:   Ribosom adalah tempat pembentukan protein.   Mitokondria melepaskan energi dari gula sederhana untuk memberi tenaga pada sel (respirasi).   Kloroplas adalah organel hijau yang menangkap energi dari cahaya untuk membuat makanan (fotosintesis).   Unit penyimpanan yang berisi cairan adalah vakuola, pembentuk bagian tengah setiap sel.   Sitoplasma adalah zat seperti jeli yang mengisi sebagian besar ruang di dalam sel. Di sinilah reaksi kimia terjadi.   Nukleus adalah pusat kendali sel. Nukleus menyimpan gen sel yang dikodekan dalam molekul DNA.   Membran sel tipis di dalam dinding sel mengontrol zat mana yang masuk dan keluar sel.   Dinding sel kaku yang terbuat dari zat yang disebut selulosa mengelilingi membran sel dan menopang sel.
Info Gambar: 
  • Ribosom adalah tempat pembentukan protein. 
  • Mitokondria melepaskan energi dari gula sederhana untuk memberi tenaga pada sel (respirasi). 
  • Kloroplas adalah organel hijau yang menangkap energi dari cahaya untuk membuat makanan (fotosintesis). 
  • Unit penyimpanan yang berisi cairan adalah vakuola, pembentuk bagian tengah setiap sel. 
  • Sitoplasma adalah zat seperti jeli yang mengisi sebagian besar ruang di dalam sel. Di sinilah reaksi kimia terjadi. 
  • Nukleus adalah pusat kendali sel. Nukleus menyimpan gen sel yang dikodekan dalam molekul DNA. 
  • Membran sel tipis di dalam dinding sel mengontrol zat mana yang masuk dan keluar sel. 
  • Dinding sel kaku yang terbuat dari zat yang disebut selulosa mengelilingi membran sel dan menopang sel. 

Spesialisasi Sel Tumbuhan 

Saat tanaman tumbuh dari biji, kemudian selnya berkembang biak dan menjadi terspesialisasi untuk berbagai fungsi yang berbeda. Sel tumbuhan yang ditunjukkan di postingan plengdut.com ini dikhususkan untuk mengangkut zat penting, seperti air dan gula, ke seluruh bagian tumbuhan. 

Info Gambar:   Ekstensi panjang seperti rambut   Gambar kiri: Sel rambut akar memiliki ekstensi seperti rambut panjang yang menyerap air dan mineral dari tanah.   Aliran gula dua arah   Pori-pori di ujung sel   Gambar tengah: Sel floem mengangkut gula di sekitar tanaman. Sel seperti tabung ini memiliki dinding berpori yang menyambung dari ujung ke ujung.   Aliran air satu arah   Gambar kanan: Sel xilem membawa air dari akar tanaman ke daun. Sel-sel xilm memiliki ujung terbuka yang tersambung membentuk sebuah tabung.
Info Gambar: 
  • Ekstensi panjang seperti rambut 
Gambar kiri: Sel rambut akar memiliki ekstensi seperti rambut panjang yang menyerap air dan mineral dari tanah. 
  • Aliran gula dua arah 
  • Pori-pori di ujung sel 
Gambar tengah: Sel floem mengangkut gula di sekitar tanaman. Sel seperti tabung ini memiliki dinding berpori yang menyambung dari ujung ke ujung. 
  • Aliran air satu arah 
Gambar kanan: Sel xilem membawa air dari akar tanaman ke daun. Sel-sel xilm memiliki ujung terbuka yang tersambung membentuk sebuah tabung. 

Rangkuman 

  1. Dinding sel daun yang kaku terbuat dari selulosa mengelilingi membran sel dan mempertahankan bentuk sel. 
  2. Air disimpan dalam vakuola di tengah sel, membantu menjaga sel tetap kencang (padat). 
  3. Kloroplas adalah organel hijau yang menangkap energi cahaya dan menggunakannya untuk memproduksi makanan. 

Komentar