Apa itu freehub (frehub) sepeda?
Freehub atau sering disebut ‘frehub jangkrik, frehub speed dll’ adalah tools part bagian belakang roda sepeda (terutama roda sepeda modern dengan model gear pemindahan gigi) yang memiliki sistem mekanisme ratcheating. Jika dijabarkan secara rinci, hub sepeda adalah bagian pusat dari roda belakang sebuah sepeda atau bisa dikatakan merupakan central roda. Sedangkan mekanisme ratcheting adalah mekanisme yang mampu memperbaiki kinerja roda dari mekanisme sebelumnya.
Itulah mengapa Frehub sering disebut juga sebagai freehub speed sepeda. Hal ini dikarenakan mampu meningkatkan tingkat mekanisme kerja sepeda tersebut.
Freehub menggunakan silinder splined untuk menahan roda gigi kaset atau set sprocket dan berfungsi mengaktifkan rantai. Di dalam mekanisme freehub akan ada bantalan dan sistem kopling, biasanya berupa gigi ratchet dan pawl. Roda gigi tidak bergerak melainkan pergerakan ada pada seluruh badan freehub. Pada sepeda kelas atas dan kelas menengah, freehub telah menggantikan sistem freewheel.
Mekanisme freewheel memungkinkan pengendara berhenti mengayuh saat sepeda masih bergerak maju. Pada sepeda tanpa mekanisme freewheel, pengendara harus tetap mengayuh setiap kali sepeda sedang bergerak.
Bagaimana Awal Sejarah Freehub?
Konsep freehub dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Inggris Bayliss-Wiley pada tahun 1938 dan memenangkan penghargaan Cyclists Touring Club (CTC) pada saat itu. Pada desain freehub Bayliss-Wiley, unit freewheel diulir untuk menerima sprocket. Desain empat kecepatan yang berbeda diproduksi oleh BSA Cycles Ltd pada tahun 1949 untuk melengkapi perlengkapan derailleur BSA 4 Star mereka. Desain BSA memiliki unit freewheel splined (BSA part No.8-1913) yang dipasang ke shell hub (BSA part No.8-701) dan membawa empat sprocket.
Komentar
Posting Komentar
Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.blogspot.com ini. Berkomentarlah secara bijak.