Mengaktifkan & Mengenal Lingkungan Kerja MSExcel 2007

1. Mengaktifkan MSExcel 2007

Seperti yang telah kamu ketahui, MSExcel adalah salah satu aplikasi yang merupakan bagian dari paket MSOffice. Cara mengaktifkan MSExcel dapat dilakukan melalui Start Menu. Jika menggunakan Sistem Operasi Windows XP/Vista:
Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007
Berikut ini adalah contoh tampilan pemanggilan MSExcel jika mengunakan Sistem Operasi Windows XP:

Mengaktifkan MSExcel 2007.
Mengaktifkan MSExcel 2007.

2. Mengenal Lingkungan Kerja MSExcel 2007

MSExcel menyertakan banyak fasilitas dan menyediakan tombol-tombol, shortcut, dan menu perintah. Agar dapat menggunakan MSExcel kita harus memahami fungsi tombol, shortcut, dan perintah-perintah tersebut. Tampilan MSExcel adalah seperti berikut.

Lingkungan kerja MSExcel 2007.
Lingkungan kerja MSExcel 2007.
Info:
Tampilan MSExcel diatas bisa berbeda dengan komputer yang kamu gunakan. Hal ini bergantung resolusi monitor dan besar jendela yang digunakan. Resolusi yang cukup leluasa akan membuat lebih banyak ikon yang ditampilkan. Juga, jenis dan besar jendela yang makin kecil akan membuat ikon diganti teks, atau bahkan tidak ditampilkan.

Jika kamu perhatikan jendela MSExcel maka akan dapat dilihat komponen-komponen MSExcel sebagai berikut.
a. Microsoft Office Button
b. Quick Access Toolbar
c. Title Bar
d. Ribbon: kelompok perintah berupa teks dan ikon
e. Formula Bar
f. Lembar kerja (worksheet)
g. Sel dan alamat sel
h. Vertical-sliding-bar (vertical-scroll-bar) dan horizontal-sliding-bar (horizontalscroll-bar)
i. Untuk split window (horisontal dan vertikal)
j. Status Bar:
  • Informasi fungsi-fungsi, seperti sum (jumlah), average (rata-rata), minimum, maximum, dan sebagainya dari data yang diseleksi .
  • Tipe tampilan lembar kerja (view shortcuts): Normal, Page Layout, Page Break Preview.
  • Zoom slider
  • Status beberapa tombol, seperti Caps Lock, Num Lock, status mode selection, mode End, jumlah halaman, dan sebagainya
k. Tombol scrolling tab dan tab lembar kerja (sheets).

a. Microsoft Office Button

Seperti halnya pada MSWord, jika Microsoft Office Button diklik maka akan muncul menu pilihan untuk membuat (New), membuka (Open), menyimpan (Save dan Save As), mencetak (Print), mengirim/Send (email dan fax), Publish, dan menutup lembar kerja (Close).

Microsoft Office Button
Microsoft Office Button
 Coba kamu klik tombol tersebut untuk melihat menu yang disediakan.

Menu pilihan pada Microsoft Office Button.
Menu pilihan pada Microsoft Office
Button.

b. Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar berada di sebelah kanan Microsoft Office Button.

Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar
Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, tombol panah yang ada di sebelah kanan Quick Access Toolbar adalah tombol Customize Quick Access Toolbar. Kamu bisa gunakan tombol ini untuk menambah dan mengurangi ikon perintah yang ada pada Quick Access Toolbar.

Customize Quick Acces Toolbar
Customize Quick Acces Toolbar

c. Title Bar

Title bar ada di sebelah kanan Quick Access Toolbar. Title bar menampilkan nama lembar kerja dan informasi lainnya. Biasanya lembar kerja yang baru dibuat akan diberi nama Book1. Mengapa “book” (buku)? Karena berkas lembar kerja dalam MSExcel disebut sebagai Workbook (buku kerja). Workbook terdiri atas banyak lembar kerja (sheets).

Title Bar
Title Bar

d. Ribbon

Ribbon adalah tempat berbagai perintah. Pada Ribbon MSExcel ada 7 buah tab utama, yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View. Setiap tab terbagi menjadi beberapa grup. Setiap grup menyediakan fitur-fitur khusus.

Ribbon
Ribbon
Berikut ini daftar grup pada masing-masing tab.

Tab Grup
Home Clipboard, Font, , Number, Styles, Cells, Editing
Insert Tables, Illustrations, Charts, Links, Text
Page Layout Themes, Page Setup, Scale to Fit, Sheet Options, Arrange
Formulas Function Library, Defines Names, Formula Auditing, Calculation
Data Get External Data, Connections, Sort & Filter, Data Tools, Outline
Review Proofing, Comments, Changes
View Workbook Views, Show, Hide, Zoom, Window, Macros

e. Formula Bar

Formula Bar berisi formula (rumus) yang ada atau diterapkan di suatu sel. Pada Formula Bar juga kita bisa mengedit isi sel. Formula bar dapat disetel ON (tampil) atau OFF (disembunyikan). Untuk penyetelan ini, gunakan perintah pada grup Show/Hide tab View pada Ribbon.

Formula Bar
Formula Bar

f. Worksheets

Worksheets merupakan area yang digunakan untuk menulis dan mengolah data tabular. Berikut beberapa hal yang berhubungan dengan worksheet:
  1. Worksheet berupa baris dan kolom yang terdiri atas sel-sel.
  2. Dalam setiap workbook terdiri atas banyak sheet.
  3. Sel adalah komponen data terkecil yang dapat diacu untuk diolah.
  4. Setiap sel mempunyai alamat.
  5. Alamat ini berupa nomor baris dan nomor kolom.
  6. Identifikasi/penomoran kolom menggunakan abjad: A, B, C, ..., lalu AA, AB, ..., dan seterusnya hingga XFD, atau kolom ke 16.384. Ini menyatakan jumlah kolom dalam MSExcel 2007
  7. Identifikasi/penomoran kolom menggunakan angka: 1, 2, 3, ..., dan seterusnya hingga 1.048.576. Ini menyatakan jumlah baris dalam MSExcel 2007.
  8. Penomoran kolom dan baris ini disebut Headings.
  9. Berapa jumlah kolom dan jumlah baris yang bisa diisi data dalam MSExcel 2007 bergantung kapasitas memori dan spesifikasi komputer yang digunakan.
Worksheet MSExcel 2007.
Worksheet MSExcel 2007.

 g. Split Window

Seperti halnya MSWord, daerah kerja MSExcel dapat di-split. Namun, jika MSWord hanya ada pemisah mendatar, pada MSExcel terdapat 2 pemisah jendela, jadi kita bisa melakukan split secara horisontal maupun vertikal. Caranya sama, yaitu dengan cara klik-drag pada pemisah jendela yang ada di atas scroll bar (vertical maupun horizontal scroll bar).

Tampilan MSExcel yang sudah di-split adalah seperti berikut.

Split Window
Split Window

Tampilan MSExcel yang sudah di-split.
Tampilan MSExcel yang sudah di-split.

h. Status Bar

Status bar ada pada bagian paling bawah. Berbagai informasi dapat ditampilkan di status bar, seperti:
  1. Status tombol: Caps Lock, Num Lock, status mode selection, mode End;
  2. Jumlah halaman (hanya jika pilih mode view: Page Layout);
  3. Beberapa fungsi matematis, seperti sum, average, minimum, maximum (hanya jika kita sedang menyeleksi data atau kelompok data);
  4. View shortcuts;
  5. Zoom dan zoom slider;
  6. dan sebagainya.
 Tampilan Status Bar jika sedang pada posisi tertentu:

Status Bar.
Status Bar.
Kamu dapat menambah atau mengurangi informasi apa saja yang perlu ditampilkan di status bar dengan cara
klik kanan untuk menampilkan menu. Pop-up menu yang muncul adalah sebagai berikut.

Pop-up menu.
Pop-up menu.

i. Tombol Scrolling Tab

Tombol scrolling tab (scrolling sheet tab) adalah tombol untuk menggulung sheet tab (terletak di atas Status Bar sebelah kiri). Seperti telah disebutkan, Workbook dapat menampung banyak worksheet (atau disebut sheet saja). Sementara itu, lebar dari horizontal scroll bar dapat diubah lebarnya. Jika workbook kita terdiri atas beberapa sheet yang semuanya tampak pada layar MSExcel kita maka tombol scrolling tab ini tidak berfungsi. Perhatikan tampilan berikut ini.

Scrolling Tab.
Scrolling Tab.
Ada kalanya workbook kita terdiri atas banyak sheet, sedemikian rupa sehingga melebihi separator horizontal scroll bar. Terkadang juga ketika separator horizontal scroll bar digeser sedemikian rupa sehingga ada sheet yang tidak tampak, maka tombol scrolling tab ini akan berfungsi, yaitu jika diklik kiri (sheet kiri yang tak tampak), kanan (sheet kanan yang tidak tampak), klik awal sheet, dan klik akhir sheet.

Contoh tampilan jika workbook terdiri atas banyak sheet sehingga melebihi kapasitas tampilan adalah seperti berikut.

Tampilan ketika workbook terdiri atas banyak sheet sehingga melebihi batas tampilan.
Tampilan ketika workbook terdiri atas banyak sheet
sehingga melebihi batas tampilan.

Komentar