Ginjal pada Hewan

Ginjal pada hewan merupakan organ yang menyaring plasma dan unsur -unsur plasma dari darah dan kemudian secara selektif menyerap kembali air dan unsur-unsur berguna yang kembali dari filtrate, yang selanjutnya mengeluarkan kelebihan dan produk buangan plasma. Bentuk ginjal pada semua hewan hampir sama yaitu menyerupai kacang kecuali ginjal sapi yang mempunyai lobul-lobul dan pada kuda yang ginjalnya menyerupai bentuk jantung.

Ginjal vertebrata
Pada hewan, ginjal kiri mempunyai pertautan yang lebih longgar daripada ginjal yang kanan, dengan demikian arteri dan vena renal sebelah kiri lebih panjang daripada pembuluh darah sebelah kanan. Ginjal vertebrata membentuk urine melalui proses filtrasi, reabsorbsi dan sekresi. Pada proses pembentukan urine cairan pada tubulus proksimal masih sama seperti plasma yang dihilangkan proteinnya. Pada tubulus proksimal berlangsung reabsorbsi berbagai zat yang masih berguna bagi tubuh dan sekresi urea ke urin. Reabsorbsi dan sekresi berjalan terus hingga terbentuk urin yang pekat. Pada beberapa hewan mamalia reabsorbsi ini dipengaruhi oleh hormone ADH (Antidiuretic hormone). ADH ini berfungsi meningkatkan permeabilitas membran sel pada tubulus gin jal sehingga jumlah air yang direabsorbsi meningkat. Dengan demikian apabila jumlah ADH tinggi maka urin yang terbentuk semakin berkurang.

Ginjal pada unggas
Hewan unggas memiliki ginjal dengan tipe metanefros. Unggas tidak memiliki kandung kemih sehingga urin dan fesesnya bersatu dan keluar melalui lubang kloaka. Urine pada unggas diekskresikan dalam bentuk asam urat. Metabolisme unggas sangat cepat. Dengan demikian, sistem ekskresi juga harus memiliki dinamika yang sangat tinggi. Peningkatan efektivitas ini terlihat pada jumlah nefron yang dimiliki oleh ginjal unggas. Setiap 1 mm3 ginjal unggas, terdapat 100–500 nefron. Jumlah tersebut hampir 100 kali lipat jumlah nefron pada manusia. Jenis hewan unggas laut juga memiliki kelenjar ekskresi garam yang bermuara pada ujung matanya. Hal tersebut untuk mengimbangi pola makannya yang memangsa ikan laut dengan kadar garam tinggi.

Potongan melintang ginjal
Potongan melintang ginjal

Komentar