Perbedaan Sel Hewan & Sel Tumbuhan

Isi Materi:
  1. Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan
  2. Tabel Sel Hewan dan Tumbuhan
  3. Bagian-bagian Sel Hewan dan Tumbuhan
  4. Sel Prokariotik dan Eukariotik
Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan beserta gambarnya dan  perbedaan tabelnya akan menjadi pembahasan kita pada postingan plengdut kali ini. Perbedaan antara sel hewan dan perbedaan dari sel pada tumbuhan ini bisa kita amati dari kelengkapan bagian-bagian organel sel yang dimilikinya.

Mengamati gambar perbedaan dari sel hewan dan sel tumbuhan dari organelnya
Pada umumnya ada perbedaan beberapa bagian-bagian sel yang dimiliki sel pada hewan & perbedaan yang tidak dimiliki sel pada tumbuhan, begitu juga sebaliknya ada bagian-bagian sel yang dimiliki sel dari tumbuhan akan tetapi tidak dimiliki oleh sel hewan. Untuk memahami lebih jelas dan mengerti perbedaan sel hewan & juga sel pada tumbuhan dari perbedaan organelnya, perhatikanlah gambar perbedaan sel pada hewan dan sel tumbuhan berikut ini:
Gambar sel hewan dan sel tumbuhan
Gambar perbedaan sel dari hewan dan sel tumbuhan

Tabel perbedaan sel hewan dan tumbuhan berdasarkan gambar
Jika kita amati gambar perbedaan sel dari tumbuhan dan perbedaan sel  hewan diatas, bisa kita tuliskan tabel dari perbedaan antara sel pada hewan & perbedaan tumbuhan ini sebagai berikut:

Tabel perbedaan sel hewan dan tumbuhan
Tabel perbedaan dari sel pada hewan & tumbuhan

Dengan mengamati tabel perbedaan sel hewan dan juga sel tumbuhan diatas, bisa kita simpulkan bahwa perbedaan masing-masing: pada sel dari tumbuhan memiliki dinding sel atau membran sel, sedangkan perbedaan sel hewan tidak ada. Perbedaan lain dari ukuran vakuola sel tumbuhan jika dibandingkan dengan vakuola sel pada hewan, di sel tumbuhan memiliki perbedaan ukuran yang lebih besar dibandingkan sel hewan.

Pada perbedaan sel dari tumbuhan juga memiliki plastida (kloroplas, kromoplas, & leukoplas) sedangkan perbedaan pada sel hewan tidak memiliki plastida. Pada sel hewan juga terdapat sentriol, sedangkan perbedaan di sel tumbuhan tidak memiliki sentriol.

Penjelasan perbedaan sel hewan dan juga sel tumbuhan beserta bagian-bagiannya
Perbedaan dari sel Membran plasma
Membran plasma pada sel dari hewan & tumbuhan
bagian sel & struktur membran plasma
Adanya organel sel Membran plasma hewan, begitu juga membran plasma tumbuhan pada bagian sel nya menyebabkan tidak adanya perbedaan dari kedua sel ini. Membran plasma dalam perbedaan pada sel hewan & juga tumbuhan memiliki fungsi yang sama atau bisa dikatakan tidak ada perbedaan fungsi yaitu sebagai penghalang antara permukaan dalam & luar sel hewan dan juga sel pada tumbuhan.

Pada sel binatang, membran plasma ada di lapisan paling luar dari sel hewan dan pada sel dari tumbuhan berada tepat di bawah dinding sel pada tumbuhan.

Membran plasma juga diartikan sebagai membran biologis atau membran luar, yang terdiri dari dua lapisan fosfolipid dan tertanam dengan protein. Ini adalah lapisan membran semi permeabel tipis, yang mengelilingi sitoplasma & pendukung lain dari sel. Jadi kesimpulannya yaitu organel membran plasma bisa kita temukan pada sel tumbuhan serta sel hewan atau tidak ada yang berbeda antara sel hewan & juga sel dari tumbuhan.

Perbedaan Dinding sel dari tumbuhan & juga sel hewan
Dinding sel pada perbedaan hewan dan tumbuhan
Struktur & bagian dinding sel tumbuhan yang menjadi perbedaan dengan sel hewan
Perbedaan bagian dinding sel yaitu dimana bisa kalian temukan pada sel dari tumbuhan & tidak dimiliki sel hewan. Dinding sel adalah lapisan kaku & kuat yang mengelilingi beberapa jenis sel pada tanaman. Dinding sel adalah fitur karakteristik sel pada tanaman, bakteri, sel dari tanaman jamur, sel pada tanaman alga & beberapa archaea.

Daerah ini terletak di luar membran sel dari tanaman. Fungsi utama dari dinding sel adalah untuk memberikan kekakuan, kekuatan, dukungan struktural, perlindungan terhadap stres mekanik dan infeksi pada sel tanaman. Dinding sel juga membantu dalam difusi gas masuk & keluar dari sel tanaman. Perbedaan komposisi dinding sel bervariasi pada tiap spesies sel pada tanaman dan juga tergantung pada perbedaan tahap pengembangan organisme sel pada tumbuhan. Protozoa dan binatang tidak memiliki dinding sel ini.

Sitoplasma pada sel hewan & juga tumbuhan
Baik sel hewan & sel tumbuhan keduanya memiliki sitoplasma atau tidak ada perbedaan organel ini. Sitoplasma menjadi bagian utama dari sel tumbuhan & juga sel hewan, kelainan dalam isi sitoplasma dapat berakibat fatal bagi kehidupan organisme & selama itu seperti makhluk tidak hidup, adalah sitoplasma yang menjadi platform utama untuk semua reaksi biokimia yang penting untuk kelangsungan hidup. Ini memberikan larutan suspensi untuk organel & sitoskeleton memberikan bentuk pada sel karena gerakan yang masuk dan keluar melalui membran dapat dimungkinkan.

Organel mitokondria seperti tidak mampu memecah glukosa untuk membentuk piruvat yang sangat penting untuk menghasilkan energi. Sitoplasma dan enzim di dalamnya memecah makromolekul dalam porsi kecil untuk memfasilitasi produksi energi untuk mitokondria di semua sel. Sitoplasma memainkan peran penting dalam proses glikolisis dan dalam sintesis asam lemak, asam amino dan gula. Fungsi penting lainnya yang dilakukan dalam sitoplasma termasuk sintesis protein, glikolisis anaerobik, sitokinesis.

Perbedaan sel Nukleus dari sel pada tumbuhan dan sel hewan
Bagian nukleus atau yang kita kenal dengan istilah inti sel ini ada pada sel binatang dan sel pada tumbuhan. Nukleus merupakan bagian penting sel yang berperan sebagai pengendali kegiatan sel.

Nukleus pada sel dari hewan dan tumbuhan
Organel dan perbedaan bagian Nukleus di sel pada tumbuhan serta sel hewan
Nukleus merupakan organel terbesar yang berada dalam sel. Nukleus berdiameter sekitar 10 m dan Nukleus biasanya terletak di tengah sel dan berbentuk bulat atau oval. Pada umumnya sel organisme berinti tunggal, tetapi ada juga yang memiliki lebih satu inti.

Nukleus ini umumnya paling mencolok pada sel eukariotik & rata-rata diameternya 5 µm. Nukleus memiliki membran yang menyelubunginya & disebut membran atau selubung inti. Membran ini memisahkan isi nukleus & sitoplasma. Nukleus di batasi oleh sepasang membran. Selubung yang terbentuk itu tidak sinambung, tetapi mengandung pori-pori.

Hal ini boleh jadi memugkinkan bahan – bahan berlalu lalang di nukleus. Di dalam nukleus membran terdapat medium setengah cairan (semifluida) dan di dalamnya tempat kromosom tersuspensi. Biasanya kromosom itu tampak sebagai struktur memanjang dan tidak mudah diamati dengan mikroskop cahaya, dan jika dalam keadaan seperti biasa disebut kromatin.

Nukleus merupakan pusat pengendali dalam sel. Jika nukleus dalam sel rusak, yang terjadi selanjutnya telur itu tidak dapat melanjutkan perkembangannya menjadi individu baru. Kalau nukleus itu di keluarkan dari suatu amoeba, dan organisme ini hidup terus selama beberapa hari. Akan tetapi tidak dapat makan & berkembang biak, dan akhirnya akan mati.

Perbedaan antara sel hewan dan pada sel dari tumbuhan dari Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma dimiliki oleh sel hewan maupun sel dari tumbuhan. Sehingga tidak ada yang beda pada organel dari keduanya. Retikulum endoplasma adalah jaringan sel yang terhubung & secara terus-menerus dari tubulus, tangki, & vesikel yang tersebar di seluruh sitoplasma & ditutupi dengan membran khusus. Seluruh perakitan memakan 10% dari volume total sel. Ruang internal yang disebut lumen.

Membran bilipid yang menutupnya, memungkinkan untuk transportasi molekul ke dalam & ke luar jaringan.Ada dua jenis perbedaan retikulum endoplasma. Salah satunya adalah halus dan yang lain adalah kasar dan kedua jenis ini saling bertukar. Perbedaan Retikulum endoplasma kasar memiliki ribosom yang menempel pada permukaan, yang merupakan tempat untuk sintesis protein, sedangkan perbedaan retikulum endoplasma halus adalah murni sebagai sistem transportasi, khususnya untuk ion dan steroid.

Ribosom pada perbedaan sel hewan dan sel pada tumbuhan
Baik sel hewan maupun sel dari tumbuhan keduanya memiliki ribosom atau tidak ada yang beda dalam organel ini. Ribosom seperti pabrik kecil dalam sel. Mereka membuat protein yang melakukan segala macam fungsi untuk operasi sel. Ribosom yang terletak baik di cairan di dalam sel yang disebut sitoplasma atau melekat di membran. Mereka dapat ditemukan baik di prokariota (bakteri) dan eukariota (tumbuhan dan hewan) atau tidak ada yang beda antara prokariota & eukariota.

Ribosom adalah jenis organel. Organel adalah struktur yang melakukan fungsi spesifik untuk sel. Pekerjaan ribosom adalah untuk membuat protein. Organel lainnya mencakup nukleus dan mitokondria.

Perbedaan sel Kompleks Golgi pada tumbuhan & sel hewan
Baik sel hewan maupun sel pada tumbuhan keduanya memiliki kompleks golgi tau bisa dikatakan tidak ada perbedaan dari keduanya. Sebuah badan Golgi juga disebut sebagai kompleks Golgi atau aparatus Golgi. Badan Golgi memainkan peran utama dalam mengangkut zat kimia dalam & keluar sel. Setelah retikulum endoplasma mensintesis lipid & protein, Badan Golgi mengubah & mempersiapkan mereka untuk mengekspor di luar sel. Diatur dalam pola saclike, organel  ini terletak dekat inti sel.

Lisosom pada Perbedaan sel hewan dan sel dari tumbuhan
Bagian lisosom ini dimiliki oleh sel hewan maupun sel dari tumbuhan tidak memiliki perbedaan atau bisa dikatakan sama-sama memiliki organel ini dan tidak ada yang membedakan. Lisosom adalah membran-terikat vesikel khusus yang mengandung enzim untuk pencernaan molekul. Karena enzim ini memainkan peran utama dalam daur ulang molekul, yaitu untuk pembuangan puing-puing selular, perbaikan membran sel, fagositosis & kematian sel terprogram

Lisosom yang berbentuk bulat adalah organel membran-terikat yang ada dalam sitoplasma sel hewan. Sel pada tumbuhan jarang mengandung lisosom. Kata ‘lisosom’ berasal dari kata Yunani – ‘lisis’ (kehancuran) dan ‘soma’ (tubuh). organel Ini berbentuk bulat terikat oleh bilayer fosfolipid & diameternya berukuran sekitar 0,2-2 m. Interior membran-terikat ini memiliki pH 4,8 & berisi satu set enzim litik disebut hidrolisis, yang secara kolektif dapat mencerna hampir semua jenis makromolekul. Protein, lipid, polisakarida, DNA, RNA, dan sebagainya, yang dapat dihidrolisis oleh enzim di dalam interior asam dari lisosom.

Perbedaan Kloroplas
Bagian kloroplas ini hanya dimiliki oleh sel tumbuhan dan tidak dimiliki oleh sel hewan.
Gambar dan bentuk kloroplas, perbedaan yang tidak dimiliki hewan
Pernakah kalian melihat warna hijau pada daun tembakau, padi, pisang, jeruk, mangga atau lainnya yang tumbuh disekitarmu? Warna hijau pada tanaman ini adalah kloroplas.

Seperti warna hijau terdapat pada daun sel tumbuhan tembakau, padi, mangga, sel jeruk, sel alga dengan perbedaan warna kloroplast bervariasi, sel pisang & pada tanaman lainnya terkecuali jamur yang merupakan salah satu tumbuhan dengan perbedaan tanpa kloroplas.

Perbedaan bagian kloroplas ini hanya dimiliki oleh sel dari tanaman dan tidak dimiliki oleh sel hewan. Kloroplas adalah plastida yang mengandung jaringan membran yang tertanam dalam matriks cair, dan pelabuhan pigmen fotosintesis yang disebut klorofil pada sel tumbuhan. Ini adalah pigmen yang memberikan warna hijau pada bagian sel tumbuhan, & berfungsi untuk menangkap energi cahaya.

Kloroplas terletak pada parenkim sel tumbuhan serta sel alga autotrofik. Mereka adalah organel berbentuk oval dengan diameter 2 & hingga 10 mm & ketebalan 1 & hingga 2 mm. Meskipun dimensi mereka hampir sama di semua sel pada tumbuhan, kloroplas sel tumbuhan seperti ganggang menunjukkan perbedaan variasi dalam ukuran & bentuk. Kloroplas merupakan salah satu perbedaan mencolok dari tumbuhan & hewan

Vakuola pada perbedaan sel hewan dan pada sel tumbuhan
Seperti yang sudah diterangkan pada tabel perbedaan diatas, bahwa perbedaan vakuola hanya dimiliki sel hewan uniseluler. Sedangkan perbedaan pada sel hewan biasa seperti kucing, harimau & juga hewan lainnya, vakuola ini tidak ditemukan. Contoh golongan sel hewan uniseluler atau sel hewan yang memiliki vakuola yaitu seperti sel hewan atau organisme paramecium & juga sel hewan atau organisme amoeba. Sedangkan sel vakuola pada tumbuhan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan vakuola pada sel hewan.

Vakuola yang terdapat pada sel dari hewan paramecium sendiri memiliki dua macam jenis perbedaan yaitu vakuola nonkontraktil & vakuola kontraktil. Berikut ini perbedaan kontraktil vakuola & nonkontraktil;

Vakuola non kontraktil sering disebut juga vakuola makanan yang berperan mencerna makanan pada sel binatang paramecium & umunya Vakuola ini tidak berdenyut sesuai dengan namanya yaitu vakuola non kontraktil. Sedangkan perbedaan vakuola kontraktil memiliki denyutan & biasanya Vakuola ini memiliki perbedaan tugas menjaga tekanan osmotik sitoplasma yang biasanya dimiliki oleh sel hewan paramecium yang hidup di air tawar. vakuola kontraktil ini juga sering disebut sebagai vakuola osmoregulator.

Perbedaan Sentriol pada sel dari Tumbuhan dan sel dari Hewan
Sentriol tidak ada pada sel tumbuhan biasa, akan tetapi pada sel tumbuhan tingkat rendah seperti fungi dan algae bisa kita temukan bagian sentriol ini.
Bentuk & gambar Sentriol sel hewan
Sentriol tumbuhan biasanya tidak ada pada sel tumbuhan biasa, dan akan tetapi pada sel dari tumbuhan tingkat rendah seperti fungi & juga sel pada tumbuhan algae bisa kita temukan bagian sentriol ini. Umumnya bagian sentriol ini juga terdapat pada sel binatang.

Sebuah sentriol adalah organel khusus sel, yang umumnya ditemukan dalam sel binatang. Sentriol ini memiliki struktur dan gambaran kira-kira dalam bentuk tubular dan memainkan peran penting dalam pembelahan sel.

Perbedaan Sentrosom sel pada Tumbuhan dan sel Hewan
Terdapat perbedaan tumbuhan biasa dan pada tumbuhan tingkat rendah pada sentrosom. Perbedaan Sentrosom pada sel dari tumbuhan biasa tidak ditemukan, akan tetapi berbeda pada sel dari tumbuhan tingkat rendah seperti fungi dan juga algae bisa kita temukan sentrosom ini. Sedangkan perbedaan pada sel dari hewan selalu memiliki bagian sentrosom ini.

Sentrosom ditemukan oleh seorang ilmuwan Belgia bernama Edouard Van Beneden di tahun 1883 dan diberi nama oleh Theodor Boveri di tahun 1888. organel ini pada dasarnya merupakan bagian dari sel hewan. Karena dalam sel dari tumbuhan, fungsi sentrosom dilakukan oleh organel sel lainnya. Mereka membantu dalam mengatur siklus sel & merupakan bagian integral dari pembelahan sel secara mitosis. Mereka terbuat dari sentriol & bahan perisentriolar. Bahan perisentriolar ini terdiri dari protein seperti tubulin, perisentrin & ninein. Kedua sentriol terletak orthogonal satu dan yang lain.

Plastida pada perbedaan sel Hewan dan sel Tumbuhan
Perbedaan Plastida umumnya dimiliki oleh sel dari tumbuhan dan tidak dimiliki oleh sel hewan. Plastida adalah istilah kolektif untuk organel yang membawa pigmen.

Dalam sel pada tumbuhan, kloroplas adalah bentuk paling menonjol dari plastida yang mengandung pigmen & klorofil hijau. Karena ini plastida (kloroplas) pada sel dari tumbuhan memiliki perbedaan fungsi untuk fotosintesis di hadapan sinar matahari, air, & karbon dioksida untuk mensintesis makanan sendiri.

Sel dari tumbuhan memiliki beberapa jenis organel yang disebut plastida. Dan ada beberapa perbedaan fungsi pada jenis plastida dalam sel pada tumbuhan. Misalnya, fungsi perbedaan Kloroplas diperlukan untuk fotosintesis, fungsi perbedaan leukoplast dapat menyimpan pati & minyak, dan perbedaan Khromoplast berwarna cerah memberikan beberapa bunga & buah-buahan warna kuning, oranye, dan merah.

Dengan kehadiran kloroplas dan kemampuan untuk berfotosintesis, dan merupakan salah satu fitur perbedaan yang mendefinisikan tumbuhan. Perbedaan juga terjadi pada binatang dan jamur, dimana tidak ada sel binatang atau jamur yang dapat berfotosintesis, & hanya beberapa protista yang mampu. Protista fotosintetik adalah protista seperti, diwakili & terutama oleh alga uniseluler.

Mitokondria pada Perbedaan sel Hewan dan sel Tumbuhan
Mitokondria dari segi perbedaan antara sel hewan & sel pada tumbuhan tidak ada. Mitokondria umumnya dimiliki oleh sel tumbuhan & juga dimiliki oleh sel binatang, sehingga tidak ada yang berbeda pada sel dari organel ini diantara keduanya. Mitokondria adalah bagian penting dari sel pada tumbuhan & juga sel binatang karena mereka mengambil makanan dan membuat energi yang dapat digunakan oleh sel.

Sel dari hewan dan sel tumbuhan yang terdiri dari banyak sel kompleks & disebut sel eukariotik. Di dalam sel pada tumbuhan serta sel hewan ini terdapat struktur & melakukan fungsi-fungsi khusus untuk organel tersebut. Organel yang bertanggung jawab & untuk memproduksi energi bagi sel adalah mitokondria.

Perbedaan Jumlah mitokondria berbeda dalam setiap sel. Beberapa sel sederhana hanya berisi satu atau dua mitokondria. Namun, perbedaan pada sel binatang yang kompleks & membutuhkan banyak energi, seperti sel pada otot sel dari hewan, dapat memiliki ribuan mitokondria. Contohnya pada sel binatang seperti sapi, singa, macan & hewan lainnya yang membutuhkan banyak energi pada ototnya.

Fungsi utama mitokondria adalah untuk menghasilkan energi untuk sel. Sel menggunakan molekul khusus untuk energi yang disebut ATP. ATP singkatan dari adenosin trifosfat. ATP untuk sel dibuat dalam mitokondria. Mitokondria bisa dikatakan sebagai pabrik energi & pembangkit listrik sel.

Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
Kita ketahui bahwa sel memiliki struktur yang dibagi menjadi dua perbedaan yaitu struktur sel prokariotik & sel eukariotik. Setiap organisme tersusun dari salah satu sel prokariotik & juga sel eukariotik. Kedua sel ini memiliki perbedaan berdasarkan inti sel nya. Adapun penejelasan perbedaan struktur sel prokariotik & perbedaan struktur sel eukariotik adalah sebagai berikut:

Struktur Sel Prokariotik
Perbedaan pada Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti. Maka materi genetik sel prokariotik tidak dibungkus oleh selaput. Kebanyakan sel prokariotik adalah uniseluler, walaupun ada perbedaan juga pada beberapa yang multiseluler. Sel prokariotik uniseluler ini mampu membentuk koloni.

Semua sel prokariotik mempunyai membran sel plasma, neklueoid berupa DNA & RNA, serta sitoplasma yang mengandung ribosom. Perbedaan dari Sel prokariotik tidak memiliki membran inti, sehingga bahan inti yang berada dalam sel mengadakan kontak langsung dengan protoplasma. Perbedaan Sel prokariotik juga tidak memiliki sistem endomembran (membran dalam), seperti perbedaan pada retikulum endoplasma & kompleks Golgi. Selain itu, perbedaan pada sel prokariotik juga tidak memiliki mitokondria & kloroplas, tetapi mempunyai perbedaan struktur yang berfungsi sama dengan keduanya, yaitu mesosom & kromator. Contoh sel prokariotik adalah bakteri (Bacteria) & Sianobakteri (Cyanobacteria). Adapun bagian-bagian sel bakteri & perbedaan fungsinya adalah sebagai berikut:
  1. Dinding Sel yang tersusun dari peptidoglikan, lipid & protein. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan memberi bentuk yang tetap. Pada dinding sel terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekul-molekul.
  2. Membran Plasma yang tersusun atas molekul lipid dan protein dan berfungsi sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan di sekirnya, dengan jalan mengatur lalu lintas molekul dan ion-ion dari dalam.
  3. Sitoplasma yang tersusun dari air, protein, lipid, mineral dan enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan secara ekstraselular untuk melakukan metabolisme sel.
  4. Mesosom yaitu membran plasma yang melekuk ke dalam membentuk bangunan. Fungsinya sebagai pengahasil energi.
  5. Ribosom merupakan tempat berlangsungnya sintesis protein.
  6. DNA (Asam Deoksiribonukleat), berfungsi sebagai pembawa informasi genteika, yaitu sifat-sifat yang harus diwariskan kepada keturunannya.
  7. Asam Ribonukleat, RNA berfungsi membawa kode-kode gentika sesuai pesanan DNA.
“Setiap bagian sel ini mempunyai peranan yang penting bagi kelangsungan hidup  sebuah sel, Namun bagian-bagian sel itu tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi sel, melainkan membentuk satu kesatuan” (Purnomo, Sudjino, Sembiring dan Trijoko 2006:9)

Sel Eukariotik
Sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti. Maka, materi genetiknya tidak tersebar melainkan dibungkus selaput. Jenis-jenis sel eukariotik meliputi: sel protista, sel hewan, sel dari tumbuhan, dan sel fungi. Adapun bagian-bagian dari sel eukariotik adalah sebagai berikut :
  1. Membran Sel (selaput Plasma) yaitu selaput selektif permeabel, artinya hanya dapat dilalui molekul-molekul tertentu, seperti glukosa, asam amino. Gliserol & berbagai ion.
  2. Sitoplasma adalah materi yang mengisi antara inti & selaput plasma.
  3. Sitoskleton atau rangka sel tersusun atas tiga jenis serabut yaitu mikrofilamen, mikrotubulus & filamen intermediar.
  4. Nukleus merupakan organel terbesar di dalam sel yang berperan penting pada sel sebagai pengendali kegiatan sel.
  5. Retikulum Endoplasma merupakan organl yang tersusunoleh membran yang terbentuk seperti jala & berfungsi sebagai saluran penghubung antara nukleus dengan bagian luar sel.
  6. Ribosom yaitu bagian terkecil dari sel & berfungsi sebagai tempat sintesis potein.
  7. Kompleks golgi yaitu mempunyai hubungan erat dalam sekresi protei sel.
  8. Lisosom merupakan membran kantong kecil yang berisi enzim hidrolitik (lisozom).
  9. Badan Mikro yaitu berisi enzim katalase.
  10. Mitokondria berfungsi dalam oksidasi makanan, respirasi sel, dehidrogenasi, fosforilasi oksidatif & sistem elektron.
  11. Kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.
Perbedaan dari sel prokariotik & perbedaan eukariotik terletak pada inti sel nya. Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti. Sedangkan perbedaan sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti. Adapun perbedaan lainnya adalah sebagai berikut :

Tabel Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik
Tabel Perbedaan dari sel prokariotik & perbedaan eukariotik
Sel pada Tumbuhan serta Sel Hewan dan Bagian-bagiannya: 
Nukleus
  • Badan Oval besar dekat pusat sel.
  • Pusat kontrol untuk semua kegiatan.
  • Dikelilingi oleh membran inti.
Nukleoplasma
  • Adalah protoplasma dalam inti.
  • Mengandung materi genetik, Kromosom (DNA)
Nukleolus
  • Ditemukan dalam nukleus.
  • Mengandung informasi genetik yang lebih banyak (RNA)
Membran sel
  • Batas luar sel.
  • Memisahkan sel dari sel sel lain.
  • Itu memiliki pori-pori,  memungkinkan molekul untuk melewati.
Sitoplasma
  • Bahan sel di luar inti tetapi dalam membran sel.
  • Cairan kental yang bening.
  • Berisi struktur yang disebut organel.
vakuola
  • adalah kantung cairan bening yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan, mineral, dan limbah.
  • Dalam sel pada tumbuhan vakuola berukuran besar & sebagian besar diisi dengan air. Hal ini memberikan dukungan tumbuhan.
  • Perbedaan pada sel dari hewan vakuola jauh lebih kecil.
mitokondria
  • Power house (pusat tenaga) dari sel.
  • Pusat respirasi sel.
  • Mereka melepaskan energi untuk fungsi sel.
Kloroplast (Sel dari tumbuhan saja, tidak ada pada hewan)
  • Mengandung pigmen hijau yang dikenal sebagai klorofil yang penting untuk fotosintesis & tidak dipunyai sel dari hewan.
ribosom
  • Tubuh bulat kecil yang membantu sel dari hewan membuat protein.
  • Ditemukan dalam sitoplasma sel hewan atau melekat pada retikulum endoplasma.
Retikulum endoplasma (RE)
  • Sistem membran di seluruh sitoplasma.
  • Menghubungkan membran inti ke membran sel dalam hewan & tumbuhan.
  • Lorong untuk bahan bergerak melalui sel.
Badan Golgi
  • seperti struktur Tabung yang memiliki kantung-kantung kecil di ujungnya.
  • Mereka membantu mempaket protein.
lisosom
  • Struktur kecil yang mengandung enzim yang digunakan dalam pencernaan.
  • Jika sebuah lisosom sel di hewan yang meledak itu bisa menghancurkan sel.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga bisa membantu teman-teman dalam mengamati perbedaan pada sel dalam kegiatan belajar mengajar.