Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian

Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi bersumber pada kepribadian & falsafah hidup bangsa Indonesia dimana perwujudan demokrasi tercantum dalam pembukaan UUD 1945 serta terkandung nilai-nilai ideologi Pancasila. Untuk Indonesia sendiri pernah berlaku 3 macam sistem demokrasi, yaitu demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, & demokrasi pancasila dimana telah dilaksanakan semenjak masa Orde Baru hingga masa Reformasi.

Demokrasi Pancasila: Referensi Pengertian

Untuk lebih memahami mengenai sistem demokrasi ini, mari kita lihat beberapa pengertian pengertian referensi pernyataan demokrasi berikut:

No

Sumber

Pengertian Demokrasi Pancasila

1
Drs. C.S.T. Kansil, SH
pengertian demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, merupakan sila keempat dari dasar Negara Pancasila seperti tercantum dalam alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945.
2
Prof. R.M. Sukamto Notonagoro
pengertian demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan (sila-4 Pancasila) yang ber-Ketuhanan YME (sila-1 Pancasila), yang berkemanusiaan yang adil dan beradab (sila-2 Pancasila), yang mempersatukan Indonesia (sila-3 Pancasila), dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (sila-5 Pancasila).
3
Prof. Dardji Darmo Diharjo
pengertian demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia, perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan Pembukaan UUD 1945.
4
Garis Besar Haluan Negara (GBHN)
Berdasarkan pengertian GBHN tahun 1978 & tahun 1983, Demokrasi Pancasila adalah tujuan dari pembangunan politik di Indonesia dimana dalam pelaksanaannya adalah diperlukan pemantapan kehidupan konstitusional kehidupan demokrasi & tegaknya hukum.

Gambar Lambang Negara dan Pancasila beserta sila-sila dalam Pancasila
Gambar Lambang Negara dan Pancasila beserta sila-sila dalam Pancasila